Mercu Suar Pulau Lengkuas

Akhir bulan September lalu saya punya kesempatan pergi ke Belitung bersama beberapa rekan pecinta fotografi. Belitung sudah terkenal keindahannya baik di kalangan wisatawan maupun di kalangan fotografi. Salah satu spot wajib yang indah untuk diabadikan dalam foto adalah mercu suar di pulau Lengkuas. Pulau Lengkuas mungkin salah satu pulau yang cukup besar di seputaran Belitung. Mercu suar ini peninggalan Belanda, meskipun sudah tua tapi mercu suar ini masih terlihat kokoh. Ada 18 lantai di dalam mercu suar & semuanya dihubungkan dengan tangga besi yang melingkar. Tidak hanya tangganya yang terbuat dari besi, lantai tiap lantai pun terbuat dari besi. Karat di sana-sini tidak menghilangkan kesan kokoh dari bangunan buatan Belanda ini.

Berikut foto menara mercu suar Lengkuas diambil dari dekat pantai. Dari kejauhan pun mercu suar ini dapat dinikmati kemegahannya :

Butuh ekstra energi bagi saya untuk mencapai lantai 18. Tapi lelahnya terbayar lunas dengan suguhan panorama pantai yang indah sekali. Di tiap lantai ada jendela-jendela yang menghadap ke 2 sisi pulau Lengkuas. Pemandangan dari jendela ini sudah sering saya liat diabadikan oleh para fotografer. Salah satunya seperti foto saya berikut ini :

Berikut adalah foto langit-langit di lantai 15, terlihat menarik karena terobosan sinar matahari masuk dari jendela :

Meskipun sudah uzur, mercu suar ini masih beroperasi malah sekarang sumber energinya sudah canggih. Sumber energi yang dipakai untuk menyalakan lampu mercu suar adalah sinar matahari. Beberapa solar panel dipasang di atap mercu suar, tepat di atas di lantai 18. Fotonya seperti berikut ini :

Energi sinar matahari diubah menjadi listrik oleh sebuah generator yang diletakkan di lantai 18. Generatornya sudah bekerja otomatis sehingga tidak lagi diperlukan orang untuk menyalakan atau mematikan lampu mercu suar. Lampunya sendiri seperti berikut ini :

Sudah sampai di puncak mercu suar rasanya rugi kalau tidak berfoto narsis πŸ˜€ Fotonya diambil oleh tour guide merangkap supir yang mengantar kami berkeliling Belitung.

9 thoughts on “Mercu Suar Pulau Lengkuas

  1. “@ Bas : sayangnya pemda di sana sepertinya kurang sungguh-sungguh mengelola Bas.”

    sebenarnya ini kurang bener juga, karena lengkuas terus dikembangkan dan juga sebagai lokasi spot diving di belitung

    nice posts

  2. Pingback: Soal Cuci Scan Film | Blognya Tedy Tirtawidjaja

Leave a Reply