Soal Alat Motret

Tadi siang saya ngobrol dengan 2 rekan soal motret. Topik utamanya tentang alat apa sih yang perlu dipakai supaya foto yang kita ambil bagus? Supaya tampak seperti lukisan, teman saya bilang foto pemandangan yang bagus itu terlihat seperti lukisan. Apakah perlu lensa mahal? Atau beli filter-filter dulu? Atau perlu tripod dulu?

image

Pertanyaan yang sering sekali dari orang yang baru mulai mempelajari fotografi, bagian dari proses pembelajaran. Menurut saya semuanya penting, semua alat bisa berkontribusi pada bagus jeleknya sebuah foto. Tapi adalah jauh lebih penting mempelajari & menguasai teknik memotretnya dulu; misalnya soal metering untuk mendapat eksposure yang tepat. Bahasa lainnya supaya foto kita tidak terlalu terang di bagian yang cerah dan tidak terlalu gelap sampai kehilangan detil di bagian yang kurang terang.

Salah satu guru motret saya punya statement yang cukup menggelitik : upgrade otak itu jauh lebih murah & lebih terasa hasilnya daripada upgrade alat. šŸ˜€

Posted from WordPress for Android

3 thoughts on “Soal Alat Motret

  1. Jadi maksudnya jangan lupa mendalami teori daripada sibuk beli perlengkapan kamera, begitu Tedy?

    Bagaimana kabar Tedy, lama tak bersua ;-)

    • Hi Zaki…kabar baik. U juga baik kan šŸ™‚
      Intinya sih mastering you gear. .kalo foto jelek jangan buru2 salahkan kameranya. Silakan saja beli ini itu selama ada dana.

  2. quote nya bagus:
    “upgrade otak itu jauh lebih murah & lebih terasa hasilnya daripada upgrade alat”

    thanks quote, inspiring me most.
    update lagi dong blognya.

Leave a Reply