Tiket Kereta Api Online

Sekarang para penumpang kereta api bisa memesan tiket kereta online. Layanan ini bisa didapat di website resmi PT Kereta Api : http://www.kereta-api.co.id. Metoda pembayaran bisa transfer lewat ATM, Indomaret, atau online dengan kartu kredit. Sedikit kelemahan sistem pembelian tiket online ini adalah tidak adanya fitur untuk memesan tiket pulang pergi. Kita hanya bisa memesan 1 tiket untuk 1 tujuan. Untuk memesan tiket kembali, kita harus mengulang proses dari awal. Sungguh tidak praktis & cukup merepotkan, mudah-mudahan ke depannya ada perbaikan di sistem pemesanan tersebut.

Setelah proses pemesanan selesai, bukti pembayaran tiket kereta akan dikirimkan melalui email. Mirip seperti proses di bandara, kita perlu menukar tiket kita dengan boarding pass. Di stasiun Gambir misalnya, loket 5 dikhususkan untuk penukaran bukti pembayaran dengan tiket biasa. Di sana saya diminta menunjukkan kartu identitas untuk dicocokkan dengan nama penumpang yang tercantum di bukti pembayaran.

20130106-204158.jpg

Pemeriksaan identitas sekarang lebih diperketat di semua stasiun. Walaupun kita sudah memegang tiket, KTP pun dicek kembali saat kita masuk ke peron. Tiket kita akan dicap di sana. Tanpa kartu identitas agak sulit kita bisa masuk ke area peron. Teman saya pernah punya pengalaman tentang itu, saat dia membawa serta pembantunya pulang. Pembantunya tidak punya KTP karena belum berumur 17 tahun, tidak punya kartu pelajar karena memang sudah tidak sekolah. Perlu negosiasi & argumen yang sulit untuk bisa meloloskan pembantunya naik kereta. Memang kebijakan demi kemajuan kadang tidak bisa memuaskan semua pihak.

4 thoughts on “Tiket Kereta Api Online

Leave a Reply