Mengurus Visa New Zealand

Kemarin saya mengunjungi Kedutaan Besar New Zealand untuk mengurus visa. Lokasinya di gedung Sentral Senayan II lantai 10, tepat satu lantai di atas kantor saya. Suasananya sepi, sepintas terlihat lebih banyak satpamnya daripada pengunjungnya.

20130108-224224.jpg

Mengurus visa New Zealand katanya memerlukan waktu 7 hari kerja. Biaya yang saya bayarkan untuk visa visitor adalah sebesar Rp1.250.000,-. Mereka menyediakan mesin EDC BCA; jadi selain bayar tunai kita bisa menggunakan kartu debit BCA atau juga dengan kartu kredit.

Persyaratan visa yang kemarin saya siapkan adalah :

  • Paspor asli (yang masih berlaku pastinya)
  • Pasfoto warna ukuran 3.5cm x 4.5cm (agak nyeleneh) ukurannya
  • Formulir aplikasi visa kunjungab (Visitor Visa Application INZ 1017); bisa diunduh di sini.
  • Surat keterangan kerja dari kantor.
  • Rekening koran kantor 3 bulan ke belakang (karena saya dibiayai kantor).
  • Surat undangan dari bos saya yang ada di New Zealand (invitation letter).
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Bukti pemesanan tiket pesawat pergi pulang.

Kemarin ada beberapa kekeliruan yang saya lakukan; tidak membawa fotokopi kartu keluarga, rekening koran kantor, dan ada typo di surat keterangan kantor (tertulis Kedutaan Besar Australia :-P). Soal fotokopi kartu keluarga juga saya sempat komplain, karena di website resmi Kedubes NZ tidak ada informasinya. Petugas yang melayani permohonan visa ramah-ramah, mereka tetap menerima aplikasi visa saya meski ada surat yang ketinggalan & salah ketik. Mereka minta saya melengkapi syarat yang kurang secepatnya. Untungnya saya bisa melengkapi semua persyaratan pada hari yang sama. Saya datang lagi jam setengah 3 sore untuk menyerahkan syarat yang kurang.

Jam buka Kedubes New Zealand hari Senin – Kamis dari jam 8-12 & jam 1-3 sore. Hari Jumat menurut informasi di webnya, mereka hanya melayani visa sampai jam 11:30. Di websitenya juga diinformasikan kalau paspor hanya bisa diambil hari Jumat jam 11 sampai setengah 4 sore. Tapi kemarin saya konfirmasi, ternyata pengambilan visa bisa dilakukan setiap hari.

4 thoughts on “Mengurus Visa New Zealand

Leave a Reply