Shazam, Aplikasi Tebak Lagu yang Ajaib

Salah satu aplikasi mobile yang menurut saya ajaib, Shazam. Aplikasi ini bisa menebak judul lagu & siapa penyanyinya. Saya coba di iPhone dan sampai sekarang masih terkagum-kagum dengan aplikasi ini. Misalnya saya sedang mendengarkan lagu di radio; saya lalu buka aplikasi Shazam, lalu sentuh layar ponsel 1x & tidak berapa lama kemudian Shazam akan memberitahu saya apa judul lagu tersebut.

Ini contoh tampilan awal Shazam :

20130112-021033.jpg

Saat saya ingin tahu judul lagu yang sedang diputar, saya sentuh layar ponsel dan Shazam mulai bekerja seperti gambar ini :

20130112-021104.jpg

Setelah mendapatkan informasi judul lagunya, tampilan layar akan berubah dengan animasi yang menarik :

20130112-021119.jpg

Dan hasil akhirnya cukup memuaskan, Shazam bisa menebak lagu “Good Time”-nya Owl City & Carly Rae Jepsen 😀

20130112-021134.jpg
Hebatnya lagi meskipun lagunya diputar dengan volume kecil atau kita sedang di tengah keramaian, Shazam masih bisa mengenali lagunya. Entah apa teknologi yang dipakai di balik aplikasi ini…speech to text??

Tentu aplikasi ini punya keterbatasan data lagu dalam databasenya. Lagu-lagu penyanyi Indonesia misalnya masih kalah banyak jumlahnya dibanding penyanyi luar. Selain itu aplikasi ini perlu akses internet yang cukup kencang. Tidak hanya untuk iPhone, Shazam tersedia juga untuk ponsel berbasis Android.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.