Akses Internet Selama Roaming

Selama berada di New Zealand saya punya 2 pilihan akses internet. Yang pertama adalah layanan internet dari XL. XL punya kerjasama roaming dengan Vodafone NZ. Dengan begitu pelanggan XL bisa mengakses internet selama berada di New Zealand. Tarif yang dikenakan adalah dihitung per volume pemakaian, saya lupa berapa rupiah per megabyte-nya. Tapi dalam sehari pulsa maksimum yang dipotong adalah Rp50.000,-. Jadi anggap saja akses internet unlimited dengan tarif Rp50.000,-/hari. Akses internet ini tidak menghitung kuota dari layanan broadband unlimited XL di Indonesia seperti misalnya paket XL HotRod 3G.

Sayangnya di hotel tempat saya menginap akses internet dari XL tidak bagus. Sementara keperluan kerja membutuhkan akses internet yang cukup kencang. Mau tidak mau saya melirik pilihan internet kedua. Hotel Rydges Wellington ini menyediakan paket internet dengan harga yang cukup wow. Per hari paket internet yang ditawarkan adalah sebesar NZ$20,- dengan kuota 500MB atau NZ$25,- dengan kuota 1GB. Pilihan langganan juga ada yang per beberapa hari, tinggal dihitung kelipatan NZ$20,-. Harganya cukup fantastis, bayangkan saja berarti untuk satu hari akses saya harus membayar lebih dari Rp160.000. Tidak heran karena harga internet broadband di New Zealand masih tergolong mahal. Saya putuskan untuk memilih paket seharga $25 saja. Layanan internet akan terputus setelah 24 jam atau setelah pemakaian data saya sudah melampaui 1GB. Layanan internet di hotel ini cukup kencang dengan kecepatan sekitar 3-4Mbps.

Saat ini saya berada di Sydney international airport dalam perjalanan pulang ke Jakarta. Jadwal penerbangan Qantas mengharuskan saya transit di Sydney sekitar 6 jam. Untungnya di bandara Sydney ini disediakan akses internet gratis. Saya sempat salah memilih access point (SSID), tertipu dengan nama access point “sydneyairport.com”. Rupanya petugas di tempat penukaran mata uang salah memberi informasi SSID. Pantas saja saya tetap tidak bisa terhubung ke jaringan. Setelah mendatangi konter informasi saya baru tahu nama SSID yang benar adalah “T1 Free wifi by SYD”.

wifi-sydney

Setelah memilih SSID ini, saya harus mengisi form pada halaman browser (email, umur, kode pos). Setelah form sudah di-submit, saya bisa langsung berinternet gratis dengan akses yang bagus sekali, rata-rata 5Mbps. Tak lama ada email selamat datang seperti ini :

wifi-sydney2

Fasilitas yang baik sekali untuk menemani waktu transit yang lama ini. Juga tersedia sofa-sofa yang cukup nyaman untuk menunggu.

20130127-114617.jpg

Leave a Reply