Restore Dari TimeMachine

Kemarin saya membuat kesalahan bodoh dengan menghapus aplikasi Java dari Macbook. Awalnya saya sempat berkutat dengan Java supaya bisa menggunakan aplikasi kantor berbasis Java Web Start. Setelah gagal beberapa kali menginstal Java Runtime, utak atik saya berakhir dengan salah menghapus Java bawaan Mac OSX. Sebelumnya aplikasi Java terinstal dengan baik :

ttirtawi@macbook-air:~$ java -version
java version "1.6.0_37"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.6.0_37-b06-434-11M3909)
Java HotSpot(TM) 64-Bit Server VM (build 20.12-b01-434, mixed mode)
ttirtawi@macbook-air:~$

Karena salah hapus file di /System, aplikasi Java terhapus juga. Ketika saya ingin menginstal ulang Java bawaan Mac OS, proses instalasi gagal karena program menganggap sudah ada aplikasi yang sama dengan versi yang lebih baru. Bosan mencari tahu lewat Google, saya putuskan untuk melakukan full restore. Mac OSX punya aplikasi TimeMachine untuk sarana backup restore. TimeMachine terintegrasi dengan baik dengan sistem operasinya sehingga relatif sangat mudah untuk dipakai. Sejak awal menggunakan Mac, saya sudah menggunakan TimeMachine untuk backup data. Sampai kemarin saya belum pernah menggunakan TimeMachine untuk melakukan restore.

20130203-213416.jpg

Proses restore keseluruhan sistem operasi sangat mudah. Setelah menyambungkan harddisk backup, saya cukup restart Macbook sambil menekan tombol Cmd+R sampai muncul menu untuk melakukan restore. Saya disuguhi pilihan untuk melakukan restore data sampai beberapa hari ke belakang. Saya pilih untuk mengembalikan data ke kondisi hari Sabtu jam 1 siang. Proses restore data berlangsung sekitar 1 jam.

Ajaib, setelah restore selesai Macbook saya kembali ke kondisi semula (hari Sabtu siang). Semua data normal dan kembali semua. Data-data yang sudah saya hapus Sabtu sore kemarin pun muncul kembali. Aplikasi Java juga kembali lagi. Sebenarnya mungkin ada cara yang lebih mudah untuk mengembalikan aplikasi Java yang corrupt. Tapi dengan cara ini saya jadi tahu persis kegunaan TimeMachine & bagaimana powerfull-nya aplikasi ini. Dengan menggunakan TimeMachine kita bisa menyelamatkan data yang hilang, memperbaiki sistem yang corrupt, dan bahkan bisa juga dipakai untuk melakukan cloning dari satu Mac ke mesin Mac yang lain.  Sejauh ini saya puas sekali dengan aplikasi TimeMachine bawaan Mac OSX ini.

Leave a Reply