Backup Mac OSX Dengan Time Machine

Melakukan backup di Mac OSX sangat mudah, Time Machine menyediakan fitur backup yang powerful & simple penggunaannya. Cukup dengan beberapa langkah untuk menyiapkan TimeMachine sebelum siap mem-backup Mac. Selesai setup, kita bisa “melupakannya”. TimeMachine bekerja secara otomatis kapanpun external harddisk terhubung ke Mac. TimeMachine bisa menggunakan beberapa harddisk sebagai media backup. Ini beberapa screenshot contoh cara menyiapkan external hardiest sebagai media backup bagi TimeMachine.

Pertama buka dulu aplikasi Disk Utiliy untuk menyiapkan harddisk baru. Menyiapkan maksudnya membuat partisi & memformat partisi tersebut. Aplikasi ini bisa ditemukan dalam folder Application -> Utilities. Saya pilih cara cepatnya dengan memanggil Disk Utility dari Spotlight. Cukup tekan tombol Cmd+Space, lalu ketik “disk utility”.

timemachine1

Ini contoh tampilan aplikasi Disk Utility. Harddisk yang akan saya pakai untuk TimeMachine adalah Seagate FreeAgent GoFlex 500GB. Pilih tab Partition untuk menentukan seberapa besar partisi yang akan digunakan untuk TimeMachine. Saya pilih 1 partisi saja, dedicated harddisk untuk TimeMachine. Di tab Partition, kita bisa memberi nama partisi seperti contoh di bawah ini saya memberi nama “BACKUP_TIMEMACHINE“:

timemachine2

Untuk tipe partisinya saya pilih “Mac OS Extended (Journaled)”. Lalu tinggal klik tombol Apply. Disk Utility akan mengkonfirmasi sekali lagi memastikan saya tidak salah memformat harddisk. Tinggal klik tombol Partition untuk mulai proses format.

timemachine3

Setelah proses format selesai, berikutnya baru kita atur TimeMachine untuk menggunakan harddisk baru tersebut sebagai media backup. TimeMachine bisa dibuka dari Application.  Pada gambar di bawah ini, TimeMachine sudah berjalan jadi saya bisa menemukannya di toolbar atas. Klik kanan pada logo TimeMachine & klik “Open Time Machine Preferences”.

timemachine4

Tampilan aplikasi TimeMachine kira-kira seperti gambar di bawah ini.

timemachine5

Saya sudah punya harddisk lain sebagai media backup (sayang hanya 200GB). Untuk menambahkan harddisk baru, kita bisa klik tombol “Select Disk”. TimeMachine akan menampilkan semua external harddisk yang tersedia. Saya pilih harddisk “BACKUP_TIMEMACHINE“.

timemachine6

Setelah memilih harddisk, akhiri dengan mengklik tombol “Use Disk”. TimeMachine akan segera memulai proses backup.

timemachine7

Ini contoh tampilan saat TimeMachine mulai mem-backup Mac saya.

timemachine8

Sangat mudah & tidak rumit sama sekali. Setelah proses setup ini, saya sudah bisa melupakan TimeMachine ini. Tidak perlu dijalankan manual. Setiap saat saya menyambungkan harddisk Seagate tadi, TimeMachine akan otomatis memulai proses backup tanpa sepengetahuan saya. Tidak perlu CPU load yang tinggi, dan tidak mengkonsumsi memori secara berlebihan. Dengan kata lain, proses backup-nya tidak akan mengganggu aplikasi yang lain.

Media backup ini tidak akan pernah kita perlukan sampai suatu saat ada masalah dengan sistem operasinya, seperti yang pernah saya tulis di sini. Atau mungkin saat saya membeli Mac baru dan saya ingin melakukan cloning ke mesin baru saya gunakan harddisk backup ini.

UPDATE :
Ternyata bila ada dua harddisk didaftarkan pada TimeMachine, TimeMachine hanya akan menggunakan salah satunya secara bergantian. Dalam kasus saya, TimeMachine melakukan backup setiap jam sehingga selisih data antara kedua harddisk tersebut adalah 1 jam.

timemachine-dual-disk

4 thoughts on “Backup Mac OSX Dengan Time Machine

Leave a Reply