Membuat Website Sederhana

Minggu lalu saya dimintai saran oleh salah seorang rekan tentang bagaimana sih caranya membuat website. Rekan saya bukan orang yang sehari-hari bergelut dengan dunia IT. Dia ingin membuat sebuah website sebagai website resmi kantornya. Saya jelaskan secara sederhana, paling tidak ada 4 langkah untuk membuat website :

  1. Membeli nama domain yang diinginkan. Singkatnya nama domain adalah alamat yang diakses orang untuk membuka website kita. Contohnya www.tedytirta.com.
  2. Menyewa hosting, hosting adalah tempat di mana kita akan meletakkan website kita di internet.
  3. Menginstal program untuk menjalankan website kita.
  4. Memasukkan data & mengatur tampilan website.

Biasanya langkah pertama dapat digabung dengan langkah kedua. Rata-rata hampir semua perusahaan penyedia jasa hosting menyediakan paket sewa sekaligus beli nama domain. Kemarin saya anjurkan rekan saya untuk menyewa hosting di Qwords.com. Saya rekomendasi menggunakan Qwords, karena saya sudah beberapa kali saya menggunakan jasa Qwords.com & sejauh ini cukup puas dengan pelayanannya.

Awalnya rekan saya ingin punya domain dengan akhiran .co.id. Saya bilang mengurus domain co.id tidak semudah mengurus domain bebas seperti .com, .net, dsb. Mengurus domain co.id paling tidak memerlukan surat ijin usaha (SIUP?) dan beberapa persyaratan lainnya. Sementara mengurus domain .com sangat mudah, asal nama domainnya tersedia (belum dibeli orang lain) maka kita bisa langsung menyewanya. Biaya sewa domain .com pertahun di Qwords.com adalah Rp80.000,-.

Biaya hosting sendiri biasanya bergantung dari berapa besar kapasitas yang ditawarkan. Ada paket yang menawarkan kapasitas 100MB, 250MB, dsb. Besarnya paket hosting yang perlu disewa tentu bergantung pada seberapa besar data akan ditaruh di website. Misalnya website diprediksi akan menampilkan banyak foto dengan resolusi tinggi, tentu ini harus diperhitungkan supaya hosting cukup untuk menampung semua foto.

Lalu soal isi websitenya sendiri. Sekarang banyak jasa hosting sudah menyediakan fasilitas instalasi otomatis, Softacoulus.  Dengan bantuan Softaculous kita bisa menginstal bebagai platform dengan sangat mudah. Tersedia banyak platform yang bisa digunakan seperti WordPress, Joomla, OpenCart (website untuk membuat toko online), bahkan sampai aplikasi untuk keperluan HRD tersedia di sana.

softaculous

 

Berhubung saya bukan web developer & rekan saya juga tidak terlalu paham soal internet, saya sarankan rekan saya untuk menggunakan WordPress saja. Sekarang platform WordPress tidak hanya dipakai untuk keperluan blogging, WordPress sekarang bisa dipakai untuk membuat website kantor (untuk keperluan bisnis). WordPress relatif mudah untuk dipakai, di-configure, dan dimodifikasi untuk keperluan sebuah website bisnis. Tentu website bisnis di sini lebih ke arah sebuah web statis. Bila keperluannya hanya untuk menampilkan portfolio perusahaan, visi & misi, company profile, produk yang dijual, jasa service yang disediakan, rasanya WordPress sudah bisa mengakomodir  semuanya.

3 thoughts on “Membuat Website Sederhana

Leave a Reply