Mudahnya Membuat Website Dengan WordPress

Menyambung tulisan kemarin tentang membuat website sederhana, sekarang saya ingin menunjukkan bagaimana mudahnya membuat website dengan WordPress sebagai engine-nya. WordPress tidak lagi hanya bisa dipakai sebagai media blogging, tapi bisa juga dipakai untuk keperluan publikasi lainnya (seperti misalnya sebagai website resmi perusahaan).

Asumsi Anda sudah berlangganan hosting, tentu Anda akan diberi halaman administrator untuk mengurus hosting & domain Anda. Ada beberapa tipe halaman administrator. Salah satu contoh yang sering disediakan oleh penyedia hosting adalah halaman Cpanel. Tampilannya kira-kira seperti gambar di bawah ini. Di halaman ini ada menu Softaculous untuk membantu Anda menginstal template website & berbagai platform web. Klik saja tombol Softaculous yang ada di bagian bawah.

wp1

Di menu Softacolous Anda akan disuguhi berbagai macam pilihan platform web yang bisa diinstal. Karena tulisan ini tentang WordPress silakan klik logo WordPress yang ada. Karena WordPress cukup terkenal maka begitu Anda buka Softaculous Anda akan langsung melihat logo WordPress seperti di bawah ini.

wp2

Jika Anda tidak melihat tampilan seperti di atas, Anda bisa mencarinya di menu Blogs di sebelah kiri. Begitu Anda mendekatkan kursor ke logo WordPress, akan muncul menu Install & Demo. Klik Install untuk memulai proses instalasi WordPress.

wp3

Sebelum memulai proses instalasi, Anda akan diminta memasukkan beberapa detail informasi seperti gambar di bawah ini.

wp4

  1. Yang pertama harus Anda tentukan adalah di alamat apa Anda ingin WordPress diinstal. Default-nya adalah alamat domain utama Anda. Karena contoh ini saya ingin menempatkan contoh web ini di test.tedytirta.com maka saya harus menggantinya dari nilai default tedytirta.com.
  2. Kemudian pilihan direktori tempat WordPress akan diinstal. Misalnya Anda ingin WordPress berada domain utama anda, kosongkan saja pilihan “In Directory” tersebut. Misalnya domain Anda “dodol.com” dan anda mengisi “In Directory” dengan “blog“, maka nanti website WordPress Anda akan berada pada halaman : http://dodol.com/blog.
  3. Ketiga Anda diminta menentukan nama website Anda & deskripsinya. Pilihan ini bisa diatur ulang kemudian saat WordPress sudah bisa diakses.
  4. Keempat Anda diminta menentukan username & password untuk bisa mengatur website Anda. Anda juga diminta memasukkan alamat email user utama website WordPress Anda.
  5. Selanjutnya silakan klik tombol Install untuk memulai proses instalasi WordPress.

Proses instalasi ini cepat sekali, tidak sampai 1 menit WordPress sudah selesai diinstal. Anda akan mendapati halaman seperti ini.

wp5

Mari kita cek contoh instalasi saya tadi. Instalasi WordPress baru saya langsung bisa diakses di http://test.tedytirta.com/

wp6

Sementara itu untuk bisa login ke halaman Administrator WordPress, saya perlu mengarahkan browser saya ke alamat : http://test.tedytirta.com/wp-admin. Silakan sesuaikan dengan nama domain Anda & cukup akhiri nama domain dengan /wp-admin. Anda akan diminta login dengan username & password yang tadi diminta saat proses persiapan instalasi.

wp7

Ini adalah contoh halaman administrasi untuk mengelola website berbasis WordPress. WordPress menyebut halaman ini sebagai Dashboard.

wp8

Di tulisan berikutnya mungkin saya akan membahas apa saja hal-hal dasar yang perlu diketahui untuk mengelola WordPress melalui halaman Dashboard ini.

One thought on “Mudahnya Membuat Website Dengan WordPress

  1. For more great recipes check out: Recipes from a Southern Kitchen.
    You can do a range of kitchen chores from blending fruit in to a smoothie to chopping ice.
    In conclusion, in an effort to become the top cook you’ll be able to be,
    you have to be knowledgeable.

Leave a Reply