Memindahkan File Ke iPhone

Tadi teman saya bertanya bagaimana cara memindahkan file presentasi (*ppt) ke iPhone. Sebenarnya cara paling praktis adalah dengan mengirimkan file tersebut ke email Anda sendiri. Kemudian setelah emailnya masuk ke iPhone, kita bisa langsung membuka file presentasi tersebut. Tapi cara ini tentu sangat bergantung seberapa besar file presentasi yang ingin kita pindahkan & juga bergantung pada seberapa cepat akses internet yang kita miliki.

Cara lain adalah dengan menggunakan iTunes. Dalam contoh tadi teman saya sudah memiliki aplikasi Keynote di iPhone-nya. Keynote adalah aplikasi dari Apple untuk membuat presentasi, sama seperti Microsoft Power Point. Dari iTunes kita bisa memindahkan file presentasi langsung ke fitur file sharing yang disediakan oleh Keynote. Contohnya seperti gambar screenshot di bawah ini :

copyfileipad

  1. Setelah iPhone sudah terhubung dengan iTunes (baik lewat kabel atau wifi), klik iPhone
  2. Setelah muncul menu iPhone, lalu klik tab Apps.
  3. Di bagian bawah ada menu File Sharing, pilih aplikasi Keynote
  4. Di kolom sebelah kanan ada tombol Add. Tombol ini bisa dipakai untuk menambahkan file presentasi yang ingin dikirim ke iPhone.
  5. Setelah selesai menambahkan file, tinggal klik tombol Sync.

Langkah-langkah di atas hanya bisa dilakukan untuk mengirimkan file presentasi (*.ppt, *key, *pptx) ke iPhone. Tidak bisa dipakai untuk mengirimkan file jenis lain karena Keynote hanya bisa membaca file presentasi. Aplikasi yang bisa dipakai untuk mengakses & mengirimkan berbagai jenis file salah satunya adalah FileBrowser. Sayangnya aplikasi FileBrowser tidak gratis, di Apple Store harganya Rp49.000,-. Langkah-langkah untuk menambahkan file-file lain dengan bantuan FileBrowser serupa dengan langkah-langkah di atas. Bedanya di langkah ketiga saja, di langkah ketiga cukup klik aplikasi FileBrowser. Semua cara tadi bisa dipakai juga untuk memindahkan file dari komputer ke iPad.

Saya sendiri lebih senang untuk menggunakan aplikasi seperti Dropbox atau Google Drive untuk berbagi file antara komputer dengan gadget. Cukup masukkan file yang ingin di-share ke dalam folder Dropbox/Google Drive dan tunggu sampai semuanya tersinkron dengan servernya. Di iPhone saya tinggal ambil file-nya melalui aplikasi Dropbox/Google Drive. Tapi keterbatasannya adalah perlu akses internet yang cukup kencang supaya bisa cepat proses sinkronisasinya.

6 thoughts on “Memindahkan File Ke iPhone

  1. kalo sebaliknya gimana? kita dapat kiriman file dalam bentuk key (dari apple) mau dibuka di microsoft office? software nya apa ya?makasi

Leave a Reply