Problem Dengan External HardDisk Di Mac

Beberapa waktu lalu saya sempat heran, external harddisk Seagate FreeAgentGoFlex saya sering terputus secara tiba-tiba dari Mac. Biasanya saya tinggalkan Mac tetap hidup & harddisk tetap tersambung meskipun saya pergi tidur. Pagi hari saya sering melihat pesan error seperti ini :

mac-disk-eject-1

Agak aneh pesannya “The disk was not ejected properly”, sungguh aneh karena harddisk masih tetap tersambung & saya tidak pernah mencabut harddisk-nya secara sengaja.

Lama-lama saya perhatikan lagi error di atas juga terjadi kalau saya lama tidak mengakses file dalam harddisk external tersebut. Awalnya saya pikir harddisk Seagate ini rusak atau paling tidak kabelnya bermasalah. Saya coba cari informasi di Google dulu untuk mencari tahu apa banyak orang yang mengalami problem yang sama dengan Seagate FreeAgentGoFlex ini. Ternyata banyak juga tulisan tentang kasus serupa & bukan hanya pengguna harddisk Seagate.

Rupanya yang jadi pemicu harddisk sering terputus tiba-tiba adalah fitur “Put hard disks to sleep when possible”. Fitur ini ada di menu Energy Saver seperti di gambar di bawah ini :

20130218-231602.jpg

Solusinya adalah dengan membuang tanda centang pada pilihan “Put hard disks to sleep when possible”. Tanpa opsi itu, harddisk saya tidak pernah terputus lagi secara tiba-tiba meskipun tersambung ke Mac selama berjam-jam bahkan berhari-hari.

Leave a Reply