Menyambungkan iPhone Ke Speaker Secara Wireless

Apple punya teknologi yang namanya AirPlay. Teknologi ini memungkinkan pengguna gadget Apple untuk memainkan music, memutar video dari gadget-nya ke remote speaker atau remote monitor. Semuanya dilakukan secara tanpa kabel alias nirkabel alias wireless. Syaratnya speaker atau monitor yang dipakai mendukung teknologi AirPlay ini. AppleTV contohnya; Apple TV ini memungkinkan pengguna iPhone/iPad untuk melakukan streaming musik/video yang ada di handsetnya & menampilkannya di AppleTV. Tentu semua perangkat yang terlibat harus terhubung dalam jaringan WiFi yang sama.

Ternyata ada juga aplikasi gratis yang bisa jadi alternatif dari AppleTV. Saya baru coba XBMC. Aplikasi ini bisa dijalankan di berbagai macam platform, Windows, Linux, Mac, Android, bahkan RaspberryPi. Saya coba instal XBMC ini di Mac. Begitu dijalankan aplikasi ini langsung terbuka full screen seperti berikut ini :

20130308-204117.jpg

XBMC berfungsi sebagai media player. Anda bisa menggunakannya untuk menonton film, menyetel musik, menampilkan foto dari harddisk komputer Anda. Bahkan ada pilihan untuk mengakses data dari Windows file sharing melalui menu Samba (SMB).

Untuk mengaktifkan AirPlay, kita perlu masuk ke menu Settings, lalu ke menu Services seperti tampilan di bawah ini :

20130308-204152.jpg

Pada tampilan Services ada pilihan AirPlay, kita perlu mencentang pilihan “Allow XBMC to receive AirPlay content“. Ada juga pilihan untuk memasang password untuk melindungi service AirPlay untuk membatasi user tertentu saja yang bisa mengakses AirPlay.

20130308-204204.jpg

Begitu AirPlay sudah aktif, perangkat seperti iPhone atau iPad yang terhubung dalam jaringan WiFi akan otomatis mendeteksi adanya service AirPlay yang aktif. Tandanya di dekat tombol volume akan muncul ikon segitiga berwarna orange. Misalnya di aplikasi Music pada iPhone seperti tampilan di bawah ini :

20130308-202952.jpg

Bila saya tap ikon tersebut akan muncul XBMC yang sedang running pada Macbook saya.

20130308-203034.jpg

Bila saya tap pada XBMC, musik yang sedang diputar akan muncul suaranya pada speaker Macbook saya. Ajaib, musiknya bisa diputar tanpa terputus-putus meskipun ini dikirimkan lewat jaringan Wi-Fi. Tampilan XBMC di layar Mac juga langsung berubah seperti di bawah ini :

20130308-203423.jpg

Judul lagu, nama album, nama penyanyi, lengkap dengan gambar album juga ikut dikirimkan ke XBMC ini. Saya bisa menghubungkan Macbook dengan speaker home theather. Jadi bila ingin memainkan musik dari iPhone, saya tidak perlu lagi menyambungkan iPhone langsung ke speaker home theather. Cukup Macbook saja yang terhubung ke speaker.

Saya coba juga memutar video yang ada di iPhone. Video  dapat ditayangkan pada XBMC tanpa terputus-putus. Ini alternatif murah daripada membeli speaker lagi yang sudah dilengkapi dengan built-in AirPlay. Juga bisa dipakai untuk memanfaatkan speaker atau home theather yang sudah ada.

Leave a Reply