Kota Kasablanka

20130312-233209.jpg

Dua mal baru di jalan Casablanca (Jl. Dr Satrio) Jakarta : Kuningan City (KC) & Kota Kasablanka (KoKas) Keduanya mulai buka di waktu yang berdekatan. Tapi sampai sekarang sepertinya Kota Kasablanka lebih ramai pengunjungnya.

Sepertinya lokasi Kuningan City kurang bagus bila dibandingkan dengan Kota Kasablanka. KC letaknya boleh dibilang bersebelahan dengan ITC Kuningan & Mal Ambasador. Lalu lintasnya sangat padat di jam-jam sibuk. Tidak ada pilihan jalur lain menuju KC selain lewat jalan Casablanca. Sementara ada beberapa pilihan akses menuju KoKas. Orang bisa lewat Casablanca, baik dari arah Ambassador maupun dari Tebet, atau bisa memilih lewat Kuningan (lewat belakang Episentrum).

Dari segi jumlah outlet yang buka pun, KC masih kalah dibanding KoKas. Terutama restoran, di Kokas jumlah restoran terkenal boleh dibilang sangat banyak. Belum lagi restoran cepat sajinya. Rasanya ini jadi faktor kedua kenapa sampai sekarang KoKas lebih ramai daripada KC; karena rasanya budaya orang Indonesia untuk pergi ke mal lebih dominan untuk hang out dan makan.

Keduanya sama-sama punya swalayan, KC punya Lotte Mart sementara KoKas punya Carrefour. Tapi menurut saya Carrefour jauh lebih banyak diminati orang karena terkenal miring harganya. Mungkin kalau diurut ini bisa jadi faktor ketiga mengapa KoKas lebih ramai.

Keduanya sama-sama punya bioskop XXI. Entah bagaimana jumlah penonton di sana, saya belum pernah coba nonton film di sana. Keduanya juga punya pusat perkantoran; di KC ada gedung AXA sementara di KoKas ada Prudential Center.

Nampaknya sebentar lagi muncul pusat perbelanjaan baru di jalan Casablanca. Bangunan besar milik Ciputra, di samping apartemen Sommerset sepertinya sudah mulai beroperasi. Entah bagaimana kedua mal tadi akan bersaing menarik pengunjung.

Bagaimana dengan Anda, apakah lebih memilih Kuningan City atau Kota Kasablanka untuk jalan-jalan?

Leave a Reply