12AM 12PM

Dalam bahasa Inggris jam 12 siang disebut dengan 12PM & sebaliknya jam 12 tengah malam disebut sebagai 12AM. Dua penyebutan nama ini masih sedikit membingungkan untuk saya. Kadang lupa & perlu beberapa detik untuk mengingat-ingatnya. Selain kedua jam tadi bagi saya tidak ada masalah. Jam 1 malam sampai jam 11 siang ditandai dengan AM. AM ini singkatan dalam bahasa Latin “Ante Meridiem” artinya sebelum tengah hari. Sedangkan jam 1 siang sampai jam 11 malam disebut dengan akhiran PM. PM juga adalah akhiran dalam bahasa Latin yaitu “Post Meridiem” yang artinya setelah tengah hari.

Bagi saya mengingat pagi hari sebagai AM & siang hari sebagai PM sudah tidak menjadi masalah lagi. Namun membedakan jam 12 siang & jam 12 malam masih perlu sedikit usaha. Patokan saya sekarang adalah bila menyebut jam 12 siang seperti ini :

  • Saya gampang ingat jam 10 siang disebut 10AM
  • Lalu saya ingat juga jam 11 siang disebut 11AM
  • Urutannya berikutnya 12AM, tapi tidak demikan. Maka saya ingat-ingat jam 12 siang menggunakan kebalikan dari AM. Jadi jam 12 siang disebut sebagai 12PM.

Sama halnya untuk mengingat-ingat jam 12 malam.

  • Saya ingat jam 10 malam disebut 10PM
  • Lalu saya juga ingat jam 11 siang disebut 11PM
  • Urutannya berikutnya 12PM, tapi tidak demikan. Maka saya ingat-ingat jam 12 malam menggunakan kebalikan dari PM. Jadi jam 12 tengah malam disebut sebagai 12AM.

Mengapa saya tulis ini? Kemarin saya ingin perpanjang paket internet XL di iPad. Di menu 123 XL ada paket Bergadang. Tampilan informasinya seperti berikut ini :

xl-error

Agak membingungkan keterangannya internet kecepatan tinggi dari jam 12 tengah malam sampai jam 9 malam. Berarti dalam sehari hanya 3 jam internet dengan akses pas-pasan? Dari jam 9 malam sampai tengah malam? Sedikit menggelitik logika. Kok baik sekali paketnya, jadi curiga.

Setelah saya cek di website XL, ternyata yang dimaksud dengan paket Bergadang adalah internet cepat dari tengah malam sampai jam 9 pagi. Jadi mungkin yang dimaksud XL di menu tersebut adalah : from 12AM to 9AM.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.