Email Signature

Hal pertama yang saya lakukan bila menambahkan akun email di perangkat mobile adalah menghapus signature standar bawaan aplikasinya. Apa terjemahan yang lebih pas untuk “signature”? Rasanya kurang pas kalau menggunakan terjemahan “tanda tangan”.

Blackberry misalnya biasanya default signature-nya diset dari provider seperti ini :

20130326-195620.jpg

iPhone lain lagi, iPhone menggunakan default “Sent from my iPhone” seperti ini :

20130326-195553.jpg

Sama halnya dengan perangkat Android, tapi saya lupa persisnya apa default signature yang dipakai di Android.

Banyak orang mungkin tidak menyadari signature yang ada di gadget-nya. Mungkin cuma saya yang kurang kerjaan mengurusi hal sepele macam itu. Saya pribadi agak risih bila mencantumkan dari perangkat mana saya mengirimkan email. Saya lebih memilih untuk menggunakan signature yang lebih umum seperti “regards” atau sejenisnya.

Tapi katanya signature semacam itu berguna untuk memberitahu penerima email bahwa yang mengirimkan email sedang tidak berada di depan komputer sehingga harap maklum bila balasan emailnya singkat saja. Ada juga yang mengatakan signature seperti tadi menjadi semacam permohonan maaf atas “ketidaksopanan” membalas email dengan jawaban yang pendek. Untuk soal sopan tidaknya, saya kurang mengerti alasan ini. Tidak ada salahnya membalas email dengan pendek kan? Kadang ada waktunya balasan email yang diperlukan hanya sekadar konfirmasi & tidak perlu panjang bertele-tele.

Bagaimana dengan Anda? Apa isi signature email di perangkat bergerak Anda saat ini?

Leave a Reply