Bandeng Presto

Selain lunpia, Semarang juga terkenal dengan oleh-oleh bandeng prestonya. Ikan bandeng yang sudah dimasak dalam panci presto tulangnya jadi lembut sekali dan bisa dimakan. Sepanjang jalan Pandanaran Semarang, banyak penjual bandeng presto. Salah satu gerai yang menjual bandeng presto menggunakan merek “Presto”. Toko ini terletak di pertigaan jalan Pandanaraan dan jalan MH Thamrin. Letaknya di hook belokan menuju jalan MH Thamrin.

Dalam perjalanan ke Semarang kemarin saya sempat mampir ke sana. Banyak sekali perubahan di gerai Presto, sekarang nampak lebih modern. Papan nama pun terlihat mencolok. Sekarang Presto punya area parkir sendiri di depan tokonya, tidak luas tapi cukup menampung 5-6 mobil. Gerai bandeng Presto juga menjual berbagai oleh-oleh khas Semarang.

Oh ya, gerai Presto ini lokasinya berada di seberang Menara Suara Merdeka. Saat saya datang susah sekali mencari tempat parkir karena banyaknya pengunjung. Tidak heran memang mengingat arus lalu lintas di Jalan Pandanaran sedang padat-padatnya.

Suasana dalam toko benar-benar sibuk. Sepintas seperti menunggu antrian obat di apotik karena pegawainya beberapa kali memanggil nama pembeli saat pesanannya sudah siap. Soal rasa tiap-tiap orang punya selera masing-masing. Ada juga yang bilang katanya bandeng presto yang enak adalah merek Juwana. Tapi saya sendiri lebih cocok dengan rasa Bandeng Presto, yang asli merek Presto. Hmmm sayangnya saya lupa foto ikan bandengnya :-).

One thought on “Bandeng Presto

Leave a Reply