IFTTT – Instagram To WordPress Blog

Saya bukan penggila Instagram, tapi begitu mengetahui ada layanan yang memungkinkan posting foto dari akun Instagram ke WordPress blog membuat saya ingin mencobanya juga. Kemarin saya mencoba layanan IFTTT (If This Then That). IFTTT menyediakan layanan untuk menyediakan koneksi dari beberapa service dengan menggunakan statement yang sederhana. Statement adalah terminologi dalam dunia pemrograman, statement adalah bagian inti yang menyusun sebuah program/aplikasi komputer. Salah satu statement yang populer adalah IF-THEN, sederhananya dapat diartikan “jika cocok dengan A lakukan B”.

Misalnya satu yang saya coba kemarin :

Saya buat recipe : “If Instagram Then WordPress Blog”. Konsepnya sederhana, bila ada foto yang baru diupload ke akun Instagram maka IFTTT akan mem-posting foto tersebut secara otomatis ke blog saya. Karena ingin mencoba layanan ini saya pun meng-upload beberapa foto ke Instagram terlebih dulu. Ini beberapa post yang dikirimkan oleh IFTTT dari akun Instagram saya :

IFTTT mendukung banyak sekali layanan social media (Facebook, Twitter, Instagram), cloud service (Dropbox, Skydrive, Box, Evernote dll), layanan berbagi foto (Flickr), blog (Blogger, WordPress, Tumblr), dan masih banyak sekali layanan lain yang bisa diintegrasikan oleh IFTTT ini. Bahkan IFTTT bisa juga mengintegrasikan aplikasi internal iOS seperti Mail, Contacts, & Photos. Daftar semua aplikasi yang didukung oleh IFTTT dapat dilihat di sini. Kita bisa berbagi recipe yang sudah kita buat dengan sesama pengguna IFTTT. Ini contoh beberapa recipe yang populer di IFTTT :

Leave a Reply