21K

Sabtu kemarin saya pulang dari Singapura dengan Garuda. Saya mendapat kursi 21K, agak bingung juga mengapa saya diberi stiker merah alias barisan depan. Saat saya tanya tipe pesawatnya, petugas check-in bilang Boeing 737. Saya pikir info tadi keliru karena sepanjang yang saya bepergian dengan Garuda, di pesawat sekelas 737 kursi 21K ada di barisan belakang.

Agak ngantuk juga waktu tiba saat boarding, saya masuk pesawat tanpa melihat lagi nomor kursi di barisan depan. Reflek saya berjalan ke barisan belakang. Setelah melewati beberapa baris kursi di kelas ekonomi saya kaget karena ternyata nomor kursinya sudah 30an. Astaga ternyata 21K adalah baris pertama kursi di kelas ekonomi, tepat di belakang kelas bisnis. Alhasil saya agak bersusah payah balik lagi ke barisan depan, melawan penumpang lain yang bergerak menuju barisan belakang.

Rupanya sekarang di pesawat Boeing 737-800 New Generation ini, Garuda menggunakan penomoran yang tidak urut seperti biasanya. Kelas ekonomi menggunakan nomor kursi mulai dari 21. Entah apa alasannya menggunakan penomoran yang agak janggal ini.

Leave a Reply