Mechanical Keyboard

Beberapa bulan lalu saya penasaran sekali dengan yang namanya “Mechanical Keyboard”. Awalnya saya penasaran setelah membaca salah satu artikel tentang kecepatan mengetik. Konon katanya menggunakan mechanical keyboard bisa membantu meningkatkan kemampuan mengetik. Entah benar atau tidak.

DasKeyboard for Mac photo DSC_1627_zps26297e18.jpg

Mechanical keyboard ini masih menggunakan switch mekanik di setiap tombolnya. Salah satu merek switch yang populer dipakai adalah Cherry MX. Cherry MX sendiri memiliki beberapa tipe : Blue, Brown, Black, dan Red. Masing-masing switch memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Blue Switch misalnya dicirikan dengan bunyinya yang cukup keras & jarak tekan yang cukup dalam dengan sensasi clicky pada tekanan tertentu. Di halaman web http://www.daskeyboard.com/blog/mechanical-keyboard-guide/ terdapat penjelasan tentang apa itu mechanical keyboard komplit dengan gambar & animasi untuk ilustrasi.

Setelah browsing banyak artikel di Internet, ternyata saya baru tahu bahwa keyboard tipe ini popular di kalangan gamers. Ada beberapa merek mechanical keyboard yang terkenal dan sering dibahas di forum-forum, misalnya Filco, Ducky, DasKeyboard, Leopold, Razer, dll. Hasil browsing tadi membuat saya tertarik untuk membeli keyboard merek Filco, merek ini mendapat cukup banyak review yang bagus. Di Kaskus ada beberapa penjual mechanical keyboard. Sayangnya tidak ada yang memiliki stok Filco Majestouch Ninja. Saya tertarik dengan tipe Majestouch Ninja karena desain tombolnya yang unik, angka/hurufnya tidak dicetak di bagian atas tombol tapi di sisi depannya. Sehingga sepintas semua tombolnya terlihat hitam semua bila dilihat dari atas.

Setelah melihat-lihat di Kaskus saya akhirnya memutuskan untuk membeli mechanical keyboard merek DasKeyboard di salah satu seller di Kaskus. Kebetulan sekali DasKeyboard punya tipe khusus untuk Mac. Saya pilih yang menggunakan Blue Switch, saya cukup penasaran tentang bunyi click-nya. Setelah dicoba ternyata benar keyboard ini cukup berisik. Saya setuju kalau ada yang berpendapat di Internet tentang ada sensasi “serius bekerja” saat mengetik dengan menggunakan keyboard yang berisik seperti ini 🙂 DasKeyboard ini cukup berisik, hampir seperti berisiknya mesin ketik.

DasKeyboard for Mac, click photo DSC_1573_zps5cfab4eb.jpg

Tag linenya cukup merepresentasikan produknya : “The mechanical keyboard that clicks”. Link di bawah ini adalah rekaman bunyi DasKeyboard saat saya gunakan mengetik :

 

Kualitas DasKeyboard ini sangat baik, kokoh & cukup berat. Untuk menyambungkan ke komputer DasKeyboard menggunakan kabel USB. Ada 2 colokan USB di ujung kabelnya. Satu untuk jalur komunikasi keyboard-nya sendiri, satu lagi untuk keperluan USB Hub karena ada 2 USB Port di sisi kanan. Dua port USB tadi bisa dipakai untuk menyambungkan mouse atau USB flash drive.

Masing-masing tombol pada mechanical keyboard dapat dilepas tutupnya. Bila tutupnya (atau dikenal dengan keycap) dilepas, kita bisa lihat tipe switch yang digunakan. Ini misalnya foto blue switch pada keyboard saya.

CherryMX Blue Switch #2 photo DSC_1591_zpsf0b9fb14.jpg

Uniknya lagi karena masing-masing keycap bisa dilepas, kita bisa menggonta-ganti keycap-nya. Pada foto berikut misalnya, saya sudah mengganti beberapa tombol dengan custom keycap merek Keycool.

Ducky & RSS Keycap photo DSC_1620_zps2b85df23.jpg

RGB Keycap photo DSC_1618_zpsea4fabb4.jpg

Aslinya tombol ⌥ (Option/Alt) di Mac keyboard berada tepat di samping tombol ⌘ (Command/Cmd). Tapi dengan susunan seperti itu di DasKeyboard ini jari kelingking saya agak sulit beradaptasi dengan tombol ⌃ (Control) yang berada jauh di kiri. Saya lebih nyaman bila tombol Control berada lebih dekat dengan tombol ⌘. Jadi saya tukar saja susunan tombol ⌥ & Control, tentu saya perlu melakukan perubahan di OSXnya juga via System Preferences -> Keyboard seperti screenshot berikut :

Mac Keyboard Modifier Keys photo mac-modifier-key_zps1a50ce35.png

Leave a Reply