Membaca Buku Di iPad

Sejak punya iPad saya sering menghabiskan waktu membaca buku digital. Salah satu sumber saya mendapatkan buku digital adalah dari SCOOP. SCOOP ini semacam toko buku digital. SCOOP menyediakan fitur yang mudah untuk melakukan pembelian buku langsung dari iPad. Tinggal klik judul buku, klik Beli, lalu bayar via kartu kredit, dan sekejap buku yang diinginkan langsung ter-download ke dalam iPad. Tidak hanya buku, beberapa nama majalah seperti SWA juga tersedia di sana. Harganya mirip dengan edisi cetaknya. Ada keuntungan tersendiri bila membeli buku/majalah digital seperti itu, tidak perlu ada tumpukan buku/majalah bekas di kemudian hari.

Keuntungan lain bila sedang bepergian, beberapa buku & majalah bisa langsung dibawa dalam iPad. Membawa beberapa buku konvensional saat bepergian cukup merepotkan : berat & makan tempat di tas. Mungkin kalau buku yang saya bawa cetakan luar negri akan terasa lebih ringan. Saya selalu kagum melihat kualitas material buku cetakan luar negri yang meskipun tebal tapi jauh terasa lebih ringan. Tapi balik lagi soal makan tempat tadi, tidak peduli seringan apa bukunya buku konvensional tetap saja makan tempat di tas.

Kalau melihat dari skala SCOOP menurut saya masih kalah lengkap koleksinya bila dibandingkan dengan toko buku konvensional seperti Gramedia. Mungkin masih jauh bila harus dibandingkan dengan Amazon Kindle Store. Saya masih berangan-angan koleksi buku di SCOOP ini sama banyaknya & sama lengkapnya seperti Gramedia. Tentu ada kelemahan mengkoleksi buku digital seperti ini. Musuh utamanya adalah daya tahan baterai perangkat yang dipakai. Kelemahan lain yang saya rasa adalah dengan adanya akses Internet di perangkat seperti iPad, saya jadi mudah terganggu aktivitas membacanya. Entah karena ada email masuk atau karena terdorong keinginan untuk browsing tentang sesuatu yang saya tidak paham dari cerita yang sedang saya baca.

 photo 194164e9-5c0d-43c8-a6f5-cdc52fadc0e9_zps07fe5c7d.jpg

Beberapa hari lalu saya cukup kaget mendapati novel baru Dan Brown sudah tersedia di SCOOP. Mungkin edisi cetak bahasa Indonesianya sudah ada di Gramedia, saya sudah lama tidak mengunjungi Gramedia. Karena saya termasuk penggemar novel-novel Dan Brown, saya senang juga tahu novel terjemahan Bahasa Indonesianya sudah bisa didapat. Untuk urusan buku fiksi saya masih belum bisa menikmati edisi aslinya dalam bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris saya belum sampai untuk bisa menikmati novel fiksi berbahasa Inggris. Sejauh ini saya baru setengah jalan membaca Inferno tadi, novel yang menarik untuk dihabiskan segera.

Ukuran layar iPad menurut saya cocok sebagai ebook reader, tulisan yang ditampilkan seukuran dengan edisi cetak. Perangkat lain seperti Galaxy Note 2, menurut saya sedikit kekecilan untuk menampilkan buku digital. Saya jadi sibuk zoom-in dan menggeser-geser halaman untuk membaca keseluruhan paragraf. Memang lebih enak menggunakan perangkat kecil seperti Galaxy Note karena bisa dipegang dengan satu tangan secara nyaman. iPad 3 ini cukup melelahkan bila dipegang berlama-lama menggunakan satu tangan. Oh ya tadi saya lupa cerita kalau akun SCOOP itu bisa diakses dari beberapa perangkat yang berbeda. Misalnya tadi saya beli buku Dan Brown Inferno dari iPad, saya bisa men-download-nya juga ke dalam Note 2 saya.

Bagaimana dengan Anda, apa Anda juga senang membaca buku di iPad atau gadget lainnya?

2 thoughts on “Membaca Buku Di iPad

  1. Saya suka membaca buku di iPad tapi masih tak kunjung terbiasa. Format epub lebih nyaman dari PDF tapi dengan epub saya kehilangan bentuk buku.

    Kalau beli, belum pernah.

  2. pertama saya memang pakai iPad 3 untuk baca ebook. Just info, bacaan saya kebanyakan memang novel luar karena versi indo nya sulit didapat. Tapi kendalanya utamanya adalah radiasi yang menyakitkan mata dan berat. Akhirnya saya beralih ke kindle paperwhite. Dan kedua masalah tadi lenyap. untuk mengubah dari epub ke mobi juga mudah. Gunakan Calibre. Kelemahan dari mobi ini adalah monochrome dan khusus untuk baca saja. Tapi bagi saya sudah cukup. Akibatnya iPad saya tergeletak dan hampir jarang digunakan sekarang. untuk daya tahan battrei, walaupun di klaim bisa 8 minggu, tapi kenyataannya hanya bertahan sekitar 2-3 minggu. tapi itupun sudah cukup buat saya.

    mungkin sekarang perlu lebih digalakan lagi produksi ebook bahasa indonesia. saya tidak keberatan untuk mengeluarkan uang membeli buku versi digital yang bisa dibaca di kindle saya.

Leave a Reply