Buku Baru “Outliers”

Bulan Desember kemarin, bos saya di Singapura bagi-bagi buku Outliers karangan Malcolm Gladwell. Sebut saya udik tadi buku edisi bahasa Inggris ini menarik dipegang, ringan seperti halnya buku-buku cetakan luar. Saya masih belum selesai membaca buku ini. Sekilas buku ini akan mengupas apa sih rahasia orang-orang sukses. Yang menarik Malcom Gladwell tidak mengikuti pemikiran umum yang mengatakan “kerja keras” adalah kunci kesuksesan. Ada faktor lain yang membuat orang bisa sukses. Saya baru sampai pada 2 poin pertama, orang-orang yang sukses lahir pada waktu/tahun yang tepat & secara ajaib mendapat banyak kesempatan yang memuluskan jalan karir/bisnisnya sampai meraih kesuksesan.

Photobucket Pictures, Images and Photos

Meskipun tidak mau ikut pemikiran kebanyakan orang bahwa sukses adalah hasil kerja keras, Malcolm Gladwell mendukung pada teori 10000 jam. Bahwa seseorang akan ahli pada suatu bidang bila telah menghabiskan waktu 10000 jam untuk mempelajari, mempraktekkan bidang tersebut. Banyak contoh orang sukses di dunia seperti Bill Gates,Bill Joy, grup band Beatles, menjadi “master” pada bidang keahliannya setelah bergelut pada bidangnya lebih dari 10000 jam.

Sepertinya saya bisa menebak kesimpulan akhir dari buku ini, bahwa tidak ada resep rahasia untuk meraih sukses. Kenapa saya bisa menebak seperti itu, sederhana karena ada pesan dari bos saya ditulis tangan di balik halaman cover seperti ini :

Photobucket Pictures, Images and Photos

Meskipun ini bukan buku fiksi, tapi saya lihat cara penulisannya yang setengah bercerita membuat buku ini menarik utuk dihabiskan. Bagus juga untuk sarana saya berlatih membaca buku dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply