2014-01-07 Macet Casablanca

Kemarin pagi saya terjebak macet di fly over Pejompongan dari Tanah Abang menuju Casablanka. Sejak naik fly over sampai turun lagi itu memakan waktu 45 menit, luar biasa merayap. Saya lihat ada 3 yang menyebabkan efek kemacetan sampai sejauh itu. Satu adalah penyempitan di depan London School, plus mobil yang keluar masuk ke sana. Lalu arus lalu lintas dari jalan tikus samping London School. Yang terakhir adalah kendaraan yang berputar balik di depan CityWalk. Walaupun ada polisi juga tidak terlalu banyak membantu, karena memang volume kendaraan yang memang sangat banyak.

U Turn Citywalk Tanah Abang photo 2014-01-08 08.30.38_zpskcfplfpv.png

Saking macetnya saya liat 1 mobil & beberapa motor nekat putar balik melompati pembatas jalan. Rupanya adanya JLNT (Jalan Layang Non Tol) yang baru diresmikan itu menambah kepadatan di putaran balik CityWalk tadi. Ketika saya berhasil menembus macet itu & naik ke JLNT, jalur menuju Kampung Melayu itu benar-benar sepi. Yang banyak malah motor, sepanjang jalan saya tidak bertemu mobil lainnya. Di arah sebaliknya kemacetan mulai dari ujung JLNT. Kabarnya kalau sore yang terjadi sebaliknya, yang macet adalah jalur menuju Kampung Melayu.

Saat sore hari sekitar pukul setengah 4 saya pulang memilih lewat bawah (depan Mal Ambassador), tidak seperti dulu sekarang terlihat lancar. Tidak ada antrian lagi di putaran balik CityWalk. Pelajarannya, pagi hari sekitar pukul 8–10 adalah puncak macet daerah situ. Sebisa mungkin harus berangkat lebih pagi jika ingin lancar melewati Tanah Abang – Casablanca.

Leave a Reply