Vim : Copy Paste Beberapa Baris Teks

Vim (Vi IMproved) adalah CLI teks editor yang tersedia hampir di semua varian Unix. CLI maksudnya Command Line Interface. Vim diakses dari konsol/terminal. Karena berjalan di terminal, semua pengoperasiannya diatur dari keyboard. Artikel ini akan menunjukkan cara mudah untuk menyalin berberapa baris teks sekaligus saat Anda sedang menggunakan Vim.

  1. Misalnya saya sedang mengedit file smb.conf & ingin menyalin beberapa baris sekaligus seperti ditunjukkan pada gambar berikut :
  2. Pertama saya pindahkan dulu kursor ke baris pertama blok teks yang akan disalin. Di Vim pergerakkan kursor diatur dengan tombol panah atas/bawah.
  3. Masih di posisi kursor yang sama saya ketikkan mk (mark k). Dua huruf tadi digunakan untuk menandai bagian awal blok teks.
  4. Lalu saya pindahkan kursor ke baris akhir blok teks tersebut.
  5. Di baris akhir blok teks tersebut saya ketikkan y’k . Ini maksudnya salin semua baris dari tanda k sampai di baris saat ini.

    Akan muncul tulisan “8 lines yanked”, ini artinya ada 8 baris dalam blok teks tadi yang sudah siap disalin.
  6. Terakhir saya pindahkan lagi kursornya ke lokasi baru tempat saya ingin meletakkan salinan blok teks tadi. Di sana saya ketikkan pp . Ini maksudnya salinlah semua teks yang tadi sudah dipilih, ini sama dengan fungsi Paste pada Microsoft Word.

Leave a Reply