Kaos Olahraga ITB 2001

Tahun 2001 lalu saat pertama kali kuliah di ITB, saya sedikit heran mengapa ada mata kuliah olahraga. Agak aneh karena teman-teman saya yang kuliah di universitas lain tidak ada yang mendapat mata kuliah olah raga. Mata kuliah olahraga di ITB ada di semester 1 & 2. Semester 1 & 2 waktu itu disebut sebagai tingkat TPB (Tahap Persiapan Bersama). Di tingkat TPB, semua mahasiswa apapun jurusannya mendapat mata kuliah dasar yang sama. Mulai dari Kalkulus, Kimia, Fisika, Agama, termasuk mata kuliah olahraga.

Kami diwajibkan membeli seragam olahraga, berupa kaos & celana pendek. Tiap angkatan seingat saya beda-beda desain kaos olahraganya. Angkatan 2001 mendapat desain yang unik (kalau tidak mau dibilang aneh). Kaosnya berwarna biru dengan bagian lengan yang berbeda warnanya antara kanan & kiri. Lengan kiri kaosnya berwarna pink, sementara bagian lengan kanan berwarna kuning.

Saya waktu itu berpikir kalau warnanya norak. Agak aneh rasanya memakai kaos yang seperti kehabisan bahan, sampai-sampai bagian lengannya pakai kain warna lain. Tapi memang kaos ini bisa jadi penanda yang sangat jelas. Kombinasinya yang unik tadi membuat si pemakai jadi terlihat menonjol di keramaian bahkan bila dilihat dari kejauhan. Sampai hari ini saya masih simpan kaos tadi, malah belakangan jadi sering dipakai sehari-hari. Sekarang warna kaos saya itu sudah sedikit pudar, warna pink-nya tidak terlalu ngejreng lagi. Tapi masih mikir bila pergi keluar menggunakan kaos ini 🙂

Leave a Reply