Sinkronisasi iTunes & Android

Saat ini saya menyimpan semua koleksi lagu di dalam iTunes. Hampir semuanya sudah tertata rapih album, artis, genre, maupun artwork-nya. Sinkronisasi musik dengan iPhone/iPod/iPad sangat mudah, tidak heran karena semuanya adalah produk Apple. Yang sedikit repot adalah memindahkan lagu ke Galaxy Note yang menggunakan Android. Karena bukan buatan Apple, maka Galaxy Note ini tidak bisa disambungkan langsung dengan iTunes. Bisa saja saya lakukan copy manual file lagunya satu per satu. Tapi susunan library musik saya jadi terganggu & tidak muncul dengan rapi lagi di Note.

Dari rekomendasi beberapa tulisan di Internet, banyak yang menyarankan untuk menggunakan aplikasi iSyncr. Aplikasi ini perlu diinstal di komputer & juga di perangkat Androidnya. Versi desktopnya bisa diunduh gratis di web ini. Sementara aplikasi di Androidnya perlu dibeli seharga USD$3,99 & tersedia di Google Play. Untuk melakukan sinkronisasi musik, iSyncr menyediakan fitur sinkronisasi via kabel USB & juga via WiFi. Tapi menurut saya sinkronisasi via WiFi sangat lambat & tidak praktis. Saya lebih memilih untuk menggunakan kabel USB.

Saat dinyalakan di Mac, iSyncr akan muncul di bagian kanan atas. iSyncr akan langsung mendeteksi bila ada perangkat Android yang tersambung via kabel USB.

iSyncr Desktop Side

Bila saya klik nama perangkatnya, iSyncr akan menawarkan pilihan media penyimpanan. Bisa disimpan di internal storage-nya ponsel atau disimpan dalam SD Card. Saya memilih untuk menyimpan seluruh koleksi musik ke dalam SD Card.

Nantinya iSyncr akan menyalin koleksi lagu ke SD Card & menyimpannya dalam folder dengan nama syncr. Meskipun ada pilihan untuk mengganti nama folder tujuan, sampai sekarang saya belum bisa mengganti nama folder-nya. Entah apa yang salah, opsi untuk mengganti nama folder tersebut tidak bisa diedit. Setelah menentukan media penyimpanan, iSyncr langsung mendeteksi semua koleksi lagu (dan media lainnya yang ada di dalam iTunes). Kalau tidak salah dalam tahap ini iTunes-nya harus aktif juga.

Setelah selesai mendeteksi semua koleksi iTunes, kita bisa mulai memilih lagu/film/playlist/podcast mana saja yang akan dikirimkan ke Android.

Bila sudah selesai tinggal klik Sync, maka iSyncr akan langsung menyalin semua pilihan tadi ke dalam Android.

Sebenarnya proses sinkronisasi lagu ini bisa juga dilakukan langsung dari ponsel. Ini tampilan iSyncr di Android :

Tapi sejauh yang saya coba, saya kesulitan untuk memilih album tertentu atau lagu tertentu saja. User interface aplikasi ini tidak nyaman untuk dipakai menyortir lagu, semua lagu ditampilkan berdasar abjad. Makanya saya lebih memilih untuk menggunakan versi desktopnya saja.

Leave a Reply