Stabilo Teks Email

Sehari-hari saya menggunakan aplikasi Mail di Mac OSX untuk bekerja. Salah satu kelemahan dari Mail adalah tidak ada fitur untuk memberi warna latar (highlight) pada bagian-bagian yang saya ingin tonjolkan. Ini maksudnya seperti kita mewarnai halaman buku dengan menggunakan stabilo. Dari Google saya dapatkan tips untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan Style. Untuk membuat Style khusus untuk memberi warna, kita perlu “meminjam” aplikasi TextEdit. TextEdit adalah aplikasi editor teks bawaan Mac OSX.

Untuk mengatur Style pada TextEdit, kita perlu mengaktifkan mode “Rich Text” seperti pada tampilan di bawah ini :

Saat mode “Rich Text” ini diaktifkan, akan muncul barisan menu seperti pengaturan jenis/ukuran font, warna latar, dsb.

Untuk memulai membuat Style baru saya cukup mengetikkan satu kata saja. Saya blok teksnya, lalu saya pilih menu untuk memberi warna latar.


Tampilan teks setelah diberi highlight warna kuning :

Selanjutnya saya perlu menyimpan setting tersebut ke dalam “Favorite Styles”. Caranya dengan klik kanan pada kata yang sudah diberi stabilo kuning tadi, lalu pilih Font – Styles.

Akan muncul jendela baru tepat di tengah TextEdit seperti berikut ini :

Saya tinggal klik tombol “Add To Favorites”. Selanjutnya saya tinggal memberi nama pada Style baru tersebut. Pada contoh ini saya beri nama “StabiloKuning”.

Sekarang saya bisa menggunakan Style yang sama pada aplikasi Mail. Berikut ini adalah contoh pemakaiannya pada aplikasi Mail. Misalnya saya perlu mewarnai baris berisi alamat IP pada sebuah email. Saya tinggal blok teks yang ingin diwarnai lalu klik kanan untuk memilih menu Font – Styles.

Pada bagian Favorite Styles, pilihan “StabiloKuning” sudah tersedia.

Memang jadi repot tapi saya cukup puas dengan solusi ini :

Sayangnya saya masih belum menemukan bagaimana caranya untuk mengaktifkan menu Styles tadi dengan menggunakan kombinasi tombol (keyboard shortcut).

Leave a Reply