Menyiapkan USB Bootable Mac OSX Mavericks

Sejak Mac OSX 10.9.1, kita bisa mendapatkan media instalasinya secara gratis di Apple App Store. Kalau tidak salah ingat, pada versi sebelumnya (Mountain Lion) dijual dengan harga USD$20. Beberapa hari yang lalu saya ingin melakukan instalasi ulang Mac Mini saya, maka hal pertama yang saya lakukan adalah mengunduh media instalasi Mac OSX 10.9.1 terlebih dahulu. Mac OSX 10.9.1 menggunakan nama kode Mavericks.

Ukuran installer Mac OSX ini sekitar 5,2GB. Perlu waktu cukup lama untuk dapat men-download-nya. Saat saya memilih untuk men-download Mavericks dari App Store, media instalasi tersebut otomatis tersimpan dalam folder /Application dengan nama Install OS X Mavericks.app. Setelah proses download selesai, saya cepat-cepat memindahkan media instalasi tersebut ke harddisk eksternal. Selanjutnya saya perlu menyiapkan USB sebagai media boot. Kemarin saya pakai USB 16GB untuk media boot-nya.

Pertama saya perlu siapkan USB flashdisk-nya dengan menggunakan Disk Utility. Tampilannya seperti berikut ini :

Proses ini sebenarnya sama saja dengan proses Format yang kita jumpai di Windows. Langkah-langkah cukup sederhana, penjelasan gambar di atas kira-kira seperti berikut ini :

  1. Klik perangkat USB yang ingin dijadikan media boot pada kolom sebelah kiri.
  2. Klik menu Erase.
  3. Pilih Mac OS Extended (Journaled) sebagai format filesystem-nya.
  4. Beri nama USB ini, langkah ini sifatnya opsional. Bila tidak diberi nama, USB ini akan diberi label “UNTITLED”. Pada contoh ini, saya pilih nama “OSX_MAVERICK” (kurang huruf S, harusnya OSX_MAVERICKS 😉 ).
  5. Akhiri dengan mengklik tombol Erase.
  6. Setelah proses format tadi selesai, Mac akan otomatis memasang (mount) USB tersebut pada /Volume/[nama_volume]. Pada contoh saya ini, mountpoint-nya adalah /Volume/OSX_MAVERICK.

Setelah itu saya tinggal menyalin installer yang sudah saya unduh tadi. Mac menyediakan tool untuk menyiapkan USB sebagai boot media, tool tersebut bernama createinstallmedia. Tool tadi berada dalam media instalasi OSX Mavericks, tepatnya pada direktori :

Install\ OS\ X\ Mavericks.app/Contents/Resources/createinstallmedia

Kita harus menggunakan Terminal untuk menggunakan tool ini. createinstallmedia harus dijalankan dengan hak akses root, atau dengan menggunakan sudo. Perintah lengkapnya seperti berikut ini :

Install\ OS\ X\ Mavericks.app/Contents/Resources/createinstallmedia --volume [mountpoint_usb] --applicationpath [location_installer]

Pada contoh ini, USB saya terletak pada /Volume/OSX_MAVERICK dan media instalasi saya simpan dalam /Volume/DATA/ sehingga perintahnya terlihat seperti berikut ini :

Karena nama installer Mavericks ini menggunakan spasi, maka kita perlu menggunakan tanda \ (backslash) untuk merepresentasikan spasi. Jangan lupa juga untuk mencantumkan lokasi lengkap tempat installer OSX Mavericks berada. Perlu waktu cukup lama (sekitar 20 menitan) untuk menyelesaikan proses ini. Setelah selesai, USB saya siap digunakan sebagai boot media.

Leave a Reply