Pasang SSD Mac Mini (part 1)

OWC Data Doubler

Kira-kira sebulan yang lalu saya tertarik untuk memasang SSD pada Mac Mini. Ini diawali rasa frustrasi karena lambatnya Mac Mini bila dibandingkan dengan Macbook Air. Proses booting membutuhkan waktu cukup lama. Tiap kali membuka aplikasi, icon di Dock melompat-lompat (bouncing) untuk beberapa waktu. Apalagi bila pertama kali dihidupkan, semua aplikasi perlu waktu cukup lama sampai siap digunakan. Memang cepat lambat tadi adalah sesuatu yang sangat relatif. Bagi yang sudah mulai terbiasa dengan kecepatan fitur SSD maka akses data dari harddisk konvensional terasa sangat lambat.

Mac Mini sebenarnya sudah dilengkapi dengan 2 port SATA. Akan tetapi hanya tipe Mac Mini Server yang dijual dengan 2 buah harddisk. Mac Mini yang saya miliki (model late 2012) ini hanya berisi 1 harddisk. Saya iseng-iseng mencari di Google tentang cara menambahkan SSD ke dalam Mac Mini. Hasil pencarian Google membawa saya ke website OWC (Other World Computing). OWC menjual konektor harddisk untuk Mac Mini. Nama produknya adalah Data Doubler. Dengan tambahan alat ini, saya bisa memasang harddisk/SSD tambahan ke dalam Mac Mini.

Data Doubler kit dijual seharga USD$29. Karena lokasinya di Amerika, ongkos kirimnya lumayan mahal USD$7,68. Awalnya saya kuatir juga kiriman pesanan saya tadi hilang dalam proses pengiriman. Karena saya pilih metode pengiriman yang paling murah (US Postal Service), saya tidak bisa melakukan tracking kiriman pesanan tadi. Untungnya 19 hari kemudian, kiriman dari OWC datang juga. Saat menerima kiriman, saya perlu membayar Rp3000,- kepada PT Pos Indonesia.

Saya cukup terkesan dengan kemasan paketnya yang terbungkus rapih. Bagian dalam amplop pengiriman dilengkapi dengan bubble wrap.

Dalam kemasan paketnya terdapat Data Doubler kit yang terdiri dari :

  • Empat buah obeng dengan aneka tipe ujungnya. Ada obeng minus (-), plus (+), Torx 6, dan Torx 8.
  • Satu alat pencongkel yang terbuat dari plastik.

  • Satu konektor SATA ( disebut juga di websitenya OWC sebagai flex cable). Seperti tampilan foto pertama di atas.
  • Empat buah karet bulat untuk dudukan sekrup harddisk.
  • Satu besi pengait berbentuk “U” untuk mengeluarkan motherboard Mac Mini.

  • Buku petunjuk pemasangan SSD. Ini buku yang betul-betul bagus baik dari sisi materi maupun dari sisi bahan cetakannya. Kertasnya glossy seperti di majalah-majalah, mungkin supaya foto instruksi instalasi tercetak dengan jelas. Ada juga beberapa pamflet sebagai tambahan pelengkap petunjuk pemasangan.


Selain buku manual tersebut, OWC menyediakan video cara pemasangan SSD ke dalam Mac mini. Videonya diunggah ke Youtube. Melihat video itu membuat saya makin semangat segera membeli SSD, langkah-langkah pemasangan terlihat mudah.

Leave a Reply