Pasang SSD Mac Mini (part 3)

Bongkar Pasang Mac Mini

Jumat minggu lalu saya akhirnya punya waktu untuk memasang SSD ke dalam Mac Mini. Agak deg-degan juga saya membongkar Mac Mini ini. Saya kuatir merusak komponen yang ukurannya kecil, kuatir pula SSD Samsungnya tidak bisa dikenali oleh Mac OSX. Selain itu saya deg-degan bila proses ini malah menghilangkan data-data yang ada dalam harddisk 2.5″-nya. Saya mantapkan hati saja dengan mensugesti diri sendiri. Kalau dulu di kantor sebelumnya pekerjaan saya bongkar pasang server sebesar lemari, apalah susahnya membongkar komputer kecil seperti ini 🙂 .

Postingan ini bukan merupakan tutorial cara pasang SSD. Ini hanya catatan pengalaman saya saja. Saya sendiri mengikuti instruksi cara bongkar pasang Mac Mini dari video disediakan oleh OWC di link berikut ini :

Semua komponen Mac Mini dapat diakses setelah tutup di bagian bawahnya dilepas. Tutup ini sangat mudah untuk dilepas. Tinggal diputar berlawanan arah jarum jam. Begitu tutupnya dibuka kita bisa melihat modul memory, kipas, dan antena WiFi. Mac Mini memiliki 2 keping memori. Dulu saya pernah ganti salah satu memorinya dengan dengan 1 keping memori 8GB.

Beberapa komponen yang perlu dilepas bisa dilihat pada foto di atas. Pertama saya harus melepas memorinya terlebih dulu. Setelah memori saya perlu melepas kipas. Kipas ini terhubung dengan system board dengan konektor yang ukurannya kecil sekali. Perlu bantuan pengungkit plastik (yang disertakan dalam paket Data Doubler) untuk melepas konektor kipas itu. Setelah kipas dilepas barulah saya bisa melepaskan antena WiFi. Kabel penghubung antena WiFi juga sangat kecil ukurannya. Harddisk 2.5″ bawaan Mac Mini berada tepat dibalik antena WiFi.

Sebelum melepaskan system board, saya perlu melepas konektor harddisk & konektor sensor IR. Sensor IR ini lebih sulit dilepas daripada konektor SATA harddisk. Singkatnya saya berhasil juga melepas system board. Sesuai dengan namanya yang Mini, system board-nya berukuran cukup kecil sehingga bisa dipegang dengan satu tangan saja.

System Board Mac Mini

Setelah system board-nya dikeluarkan begini wujud kosong casing Mac Mini.

Casing Mac Mini Tanpa System Board

Dari situ tinggal power supply yang perlu dilepas. Power supply Mac Mini ini ukurannya benar-benar mini. Boleh dibilang ukurannya lebih kecil & ringan dari kebanyakan charger notebook.

Power Supply Mac Mini

Setelah semua dilepas saya baru bisa memasangkan SSD Samsung 840 Pro ini ke tempatnya. SSD ini akan menempati slot atas (upper bay) yang tadinya kosong. Harddisk 2.5″ bawaan Mac Mini akan berada pada posisi semua pada slot bawah (lower bay).



Bila dilihat dari bagian bawah Mac Mini seperti foto di atas, maka SSD akan berada di bawah sementara harddisk 2.5″-nya akan ditumpuk di atasnya.

Saya menghabiskan waktu total sekitar 2.5 jam mulai dari membongkar sampai Mac Mini bisa dihidupkan kembali. Melepas semua komponen Mac Mini adalah pekerjaan yang cukup menantang (jika tidak ingin disebut “sulit”). Tapi memasangkan semua komponen ke posisi semua adalah pekerjaan yang jauh lebih sulit. Beberapa tahap yang menurut saya paling sulit antara lain adalah :

  • Melepas & menyambungkan kembali kabel power supply dengan system board.
  • Memasangkan power supply kembali pada posisi semula.
  • Melepas & menyambungkan kembali kabel IR.
  • Menghubungkan kembali kabel antena WiFi.
  • Melepas system board dari casing. Meski sudah ada tool untuk melepasnya, system board ini cukup keras terpasang. Perlu sedikit tenaga ekstra untuk menariknya keluar. Mungkin karena takut-takut jadi terasa agak sulit.

Pengalaman membongkar Mac Mini ini membuat saya makin kagum dengan produk Apple. Bagaimana bisa mereka mengemas sebuah komputer desktop dalam kemasan yang kecil & ringkas tapi tetap indah bentuknya. Saya kagum mengamati struktur bagian dalam Mac Mini, semuanya tersusun rapih sampai ke komponen terkecilnya. Ini membuktikan kebenaran pernyataan Steve Jobs almarhum :

“When you’re a carpenter making a beautiful chest of drawers, you’re not going to use a piece of plywood on the back, even though it faces the wall and nobody will ever see it. You’ll know it’s there, so you’re going to use a beautiful piece of wood in the back. For you to sleep well at night, the aesthetic, the quality, has to be carried all the way through.”

Saya salin quote tadi dari Goodreads.com. Terjemahan gampangnya versi saya : Apple memperhatikan keindahan & ketelitian struktur sampai ke bagian dalam yang jarang dilihat orang.

Setelah semua komponen terpasang, saya masih deg-degan saat pertama kali menghidupkannya kembali. Untungnya Mac Mini ini bisa di-boot dengan lancar. Mac OSX langsung muncul & otomatis mengenali adanya tambahan storage baru. Saya segera cek semua komponen seperti Bluetooth, WiFi, Ethernet, bersyukur semuanya bisa berjalan normal seperti semula. Selanjutnya saya tinggal menginstal ulang Mac OSX Mavericks ke dalam SSD. Seperti rencana semula, SSD akan saya jadikan sebagai boot media sementara harddisk yang lama akan saya jadikan media penyimpanan data saja.

Leave a Reply