VNC Via SSH Tunnel Dengan Putty

Di tulisan sebelumnya saya menyebut soal penggunaan SSH tunnel untuk mengakses VNC. SSH tunnel dipakai bila VNC Server hanya bisa diakses dari localhost. Bila kita menggunakan SSH dengan command line, tunneling bisa dilakukan dengan menggunakan tambahan opsi -L. Namun bila saya sedang menggunakan Windows, saya hanya punya Putty sebagai SSH client. Tulisan ini adalah contoh bagaimana menggunakan Putty untuk membuat SSH tunnel. Untuk mengakses VNC dari Windows saya menggunakan aplikasi RealVNC. Aplikasi RealVNC dapat diunduh gratis dari websitenya RealVNC.

  1. Sama seperti yang sudah saya contohkan di tulisan sebelumnya, saya tidak bisa langsung mengakses VNC melalui IP publik.

    Saya akan mendapati error “Connection refused” seperti pada gambar di bawah ini :

  2. Saya perlu membuat SSH tunnel terlebih dulu dengan menggunakan Putty. Dengan menggunakan Putty saya akan mengakses IP publik VNC Server (192.168.10.41)

  3. Di sisi kiri Putty ada opsi untuk membuat SSH Tunnel.

  4. Masukkan informasi “Source port” & “Destination” lalu klik tombol Add. Source adalah port Windows, sementara Destination adalah IP loopback VNC Server.

    Ini artinya semua request ke port 5902 Windows akan di-forward ke port 5902 milik VNC Server.

  5. Hasil akhirnya seperti ini :

  6. Lalu kita kembali lagi ke halaman muka Putty (seperti pada gambar poin#2) untuk mulai membuka SSH session ke VNC Server.

  7. Bila kita belum pernah mengakses server ini sebelumnya via SSH, Putty akan menampilkan informasi untuk menerima SSH Key dari remote server. Untuk melanjutkan koneksi kita bisa klik tombol Yes.

  8. Setelah koneksi SSH sukses kita bisa kembali lagi ke aplikasi RealVNC. Hanya saja kali ini saya tidak lagi menggunakan IP publik VNC Server tapi menggunakan IP loopback Windows (127.0.0.1). Jadi seolah-olah saya mengakses IP lokal Windows di port 5902. Padahal yang terjadi adalah VNC akan meneruskan request saya ini melalui SSH ke port 5902 milik VNC Server.

  9. Biasanya akan muncul jendela peringatan unencrypted connection, kali ini kita bisa abaikan saja peringatan ini dengan mengklik tombol Continue.

  10. Saat koneksi ke VNC Server sukses, akan muncul jendela yang meminta kita untuk memasukkan VNC password.

  11. Bila kita memasukkan VNC password yang benar, kita langsung mendapati halaman desktop VNC Servernya. Karena mesin vm01 pada contoh ini menggunakan Gnome Desktop Environment, yang muncul pertama kali ada halaman login Gnome. Setelah login saya segera mendapati desktop mesin vm01.

Leave a Reply