IP Fiktif Dalam Serial TV

Saya gemar mengikuti beberapa serial TV seperti Castle, Modern Family, House, dll. Biasanya stasiun TV Fox menayangkannya secara reguler. Video masing-masing serial itu dapat dengan mudah didapatkan melalui layanan BitTorrent. Dengan mengambil videonya dari torrent, saya bisa menonton banyak episode lama yang sudah tidak lagi diputar. Minggu lalu saya iseng mengunduh serial NCIS. NCIS season 11 memang sedang tayang di Fox channel, tapi saya tidak rutin menontonnya. Saya unduh semua video dari season 11. NCIS (Naval Criminal Investigative Service) bercerita tentang lembaga federal yang menangani penyelidikan berbagai kasus yang melibatkan personil angkatan laut Amerika Serikat.

Seperti umumnya serial detektif, selalu ada aktor yang berperan sebagai “computer geek” alias jagoan komputer. Aktor macam ini akan selalu ditampilkan dengan kemampuan komputer yang luar biasa, termasuk di dalamnya kemampuan penyadapan jaringan komputer (hacking). Ada yang menarik bagi saya menyaksikan NCIS 11 episode 5 minggu lalu. Ada salah satu adegan saat sang tokoh jagoan komputer berhasil mendeteksi alamat IP target buruannya. Ini tangkapan layar yang saya ambil :

IP Address prefix 472???

Bagi saya tampilan ini lucu. Saya yakin Anda yang hidupnya tidak jauh dari dunia komputer & jaringan akan tersenyum melihat tampilan layar di atas. Di scene tersebut ditampilkan alamat IP 472.13.278.5. Sejauh yang saya tahu alamat IP semacam itu tidak akan pernah ada di dunia komputer. Mengapa saya bisa berpikir seperti itu?

Perlu sedikit cerita tentang tentang pengalamatan IP versi 4 (IPv4). IPv4 tersusun dari 4 oktet, katakanlah dalam susunan seperti ini : A.B.C.D. Yang dimaksud dengan oktet (octet) dalam dunia komputer adalah susunan 8 bit digital atau bisa dibilang susunan 8 bilangan biner (bilangan biner sendiri hanya ada 2 yaitu 0 dan 1). Jadi satu oktet dapat tersusun dari kombinasi 00000000 sampai 11111111. Jadi susunan yang terbesar yang paling mungkin adalah (jika dituliskan dalam bentuk biner):

11111111.11111111.11111111.11111111

Susunan bilangan biner di atas bila diubah menjadi bilangan desimal akan menjadi :

255.255.255.255

Dengan demikian masing-masing oktet hanya mungkin tersusun dari bilangan desimal 0 sampai 255. Meskipun pada teori jaringan, angka 0 & 255 tidak akan pernah digunakan sebagai awalan/akhiran sebuah alamat IP, karena masing-masing sudah “dipesan” sebagai alamat jaringan (network address) dan alamat broadcast. Kalau kita melihat lagi tangkapan layar tadi, ada 2 oktet yang aneh yaitu 472 dan 278. Sejauh ini saya masih tidak bisa percaya ada alamat IP dengan komponen 472 & 278. Mungkin teori saya salah tapi coba saja Anda set IP komputer Anda dengan IP fiktif tadi, saya acungi dua jempol bila Anda bisa “memaksa” komputer Anda menggunakan IP tersebut. Setidaknya Ubuntu saya komplen saat saya mencoba menggunakan IP tadi. Lihat muncul peringatan merah & tombol Save yang tidak bisa diklik pada gambar berikut ini :

Bila benar ada alamat IP seperti itu di dunia nyata, mungkin saya perlu kembali belajar tentang teori jaringan komputer lagi (atau menggugat dosen jaringan komputer saya dulu di kampus? 😀 ).

Leave a Reply