Vim : Folding

Setiap hari saya sering bekerja dengan menggunakan Vim, Vim adalah aplikasi editor teks berbasis CLI (command line interface). Beberapa waktu ini saya baru mempelajari satu lagi fiturnya Vim, fitur tersebut adalah folding. Folding di sini maksudnya menyembunyikan sementara bagian dokumen yang tidak ingin dibaca. Misalnya saya sedang menulis sebuah script PL/SQL, dan saya ingin menyembunyikan dulu bagian deklarasi variabel yang cukup panjang dan menyesaki layar. Pertama saya pindahkan kursor ke bagian awal dokumen yang ingin ditutup :

Lalu saya tekan kombinasi tombol Control & V untuk mengaktifkan mode visual :

Lalu saya gunakan tombol panah bawah untuk menandai semua bagian dokumen yang ingin saya sembunyikan :

Setelah menandai semua baris yang ingin disembunyikan, saya tekan tombol z dan f secara berurutan (zf). Secara otomatis Vim akan menyembunyikan semua baris tadi. Vim akan menampilkan indikator tanda +, diikuti dengan jumlah baris yang disembunyikan, serta tampilan baris awal yang disembunyikan seperti terlihat pada contoh di bawah ini :

Secara instan, 29 baris deklarasi variabel tersebut hilang tersembunyi dalam 1 baris saja. Dengan ukuran layar Terminal yang sama saya bisa melihat bagian script berikutnya.

Lalu bagaimana bila saya ingin memunculkan kembali semua baris tadi? Saya cukup mengarahkan kursor pada baris indikator tadi lalu menekan kombinasi tombol z dan o. Dan untuk menyembunyikan kembali baris-baris tersebut saya gunakan kombinasi tombol z dan c. Supaya mudah mengingat kombinasi tadi saya cukup hapalkan tombol pertamanya saja, cukup ingat tombol z untuk mulai menggunakan menu folding. Lalu ingat f untuk fold, o untuk open fold, dan c untuk close fold

Canggihnya lagi, semua pengaturan fold tadi bisa disimpan dengan menggunakan perintah mkview. Dengan menggunakan perintah mkview saya tidak perlu repot-repot menyembunyikan baris-baris tadi setiap saat membuat dokumen tersebut. Tanpa menggunakan mkview, setiap kali membuka dokumen yang sama saya perlu mengatur lagi bagian-bagian mana yang ingin saya sembunyikan.

Misalnya saya membuka lagi dokumen tersebut, saya cukup gunakan perintah loadview untuk mengaktifkan semua pengaturan yang sudah saya buat sebelumnya :

Tips ini saya temukan di website http://vim.wikia.com/wiki/Folding. Tips ini sangat berguna saat menggunakan Vim untuk mengolah dokumen (atau script) yang cukup panjang. Layar jadi tidak lagi disesaki dengan bagian yang sedang tidak kita perlukan. Menghemat waktu memindahkan kursor naik turun dokumen. Kita jadi bisa fokus pada salah satu bagian saja & menyembunyikan bagian lain untuk sementara waktu.

Leave a Reply