Vim : Hapus Semua Baris Sesuai Pola Tertentu

Saat menyunting berkas teks dengan Vim, biasanya saya perlu cara cepat untuk menghapus semua baris yang mengandung pola (pattern) tertentu. Cara lama saya tinggal search polanya lalu hapus satu persatu barisnya dengan perintah dd. Tapi cara ini kurang praktis dan rentan error bila mata sudah lelah mungkin saya bisa melewatkan sejumlah baris. Shortcut yang saya temukan dari Internet adalah dengan menggunakan perintah ini :

:g/<pattern>/d

Singkat perintahnya, cukup awali dengan :g/, diikuti dengan pola yang ingin kita temukan, dan terakhir diakhiri dengan /d.

Contoh penggunaannya seperti ini beberapa tangkapan layar berikut ini. Misalnya saya sedang menyunting sebuah berkas PL/SQL & ingin menghapus semua baris yang memiliki kata-kata “execute immediate”.

Saya masuk dulu ke command mode dengan menekan tombol Escape beberapa kali, lalu saya tinggal gunakan perintah tadi :g/execute immediate/d seperti terlihat di bawah ini :

Maka otomatis semua baris dari bagian awal sampai akhir dokumen yang mengandung kata “execute immediate” otomatis terhapus.

Saya ingin kumpulkan semua postingan tentang Vim dengan Tag : Vim. Dengan mengumpulkan aneka shortcut seperti ini, saya merasa jadi lebih produktif untuk mengedit berkas teks dengan Vim daripada dengan menggunakan editor visual lainnya.

Leave a Reply