Vim : Search & Replace

Fitur penting dari sebuah editor teks di antaranya adalah kemampuan cari & ganti (search & replace). Bayangkan repotnya bila harus mengganti banyak kata (atau frase) satu persatu. Di editor Vim, saya biasa gunakan perintah berikut ini bila ingin melakukan search & replace teks tertentu :

:%s/<pattern>/<replacement>/g   

<pattern> maksudnya kata/frase yang ingin saya ganti sementara <replacement> adalah kata penggantinya. Misalnya saya punya berkas teks yang berisi data koneksi Oracle database seperti contoh berikut ini :

Saya ingin ganti informasi Oracle SID dari uimdb menjadi uimdbsit. Dengan menggunakan Vim, saya bisa mengedit satu persatu berkas tersebut lalu menjalankan perintah :

:%/uimdb/uimdbsit/g

Lalu tinggal Save dengan perintah :wq. Tapi sayangnya cara ini tidak praktis bila ternyata saya punya banyak sekali berkas. Cara yang paling sering saya gunakan adalah dengan bantuan perintah find, perl seperti ini :

find . -name "*pola nama file*" -exec perl -pi -e 's/<pattern>/<replacement>/g' {}\;

Contoh saat digunakan seperti ini berikut ini :

Perintah di atas bisa dimodifikasi untuk memanfaatkan fitur-fitur yang dimiliki perintah find. Misalnya fitur -maxdepth di atas berguna untuk membatasi area pencarian. Tanpa menggunakan opsi -maxdepth maka semua berkas berakhiran *.xml dalam semua sub-directori akan ikut terkena perubahan tadi. Misalnya contoh di bawah ini, ada banyak berkas *.xml dalam 3 sub-direktori (ditunjukkan dengan garis merah).

Karena saya hanya ingin memodifikasi berkas *.xml yang berada tepat di bawah direktori jdbc, saya harus menggunakan opsi maxdepth 1. Opsi tersebut akan membatasi area pencarian pada direktori itu saja (current directory) tanpa menyentuh berkas *.xml lain dalam setiap sub-direktori.

Leave a Reply