Clamshell Mode

Saya kenal istilah mode Clamshell saat pertama kali memiliki Macbook Air tahun 2012 lalu. Saya ingin menghubungkan Macbook dengan eksternal monitor. Karena ukuran layar Macbook cukup kecil, saya ingin layar yang lebih lega saat bekerja di rumah. Waktu itu saya membeli layar LED HP x2401, saya bisa menghubungkan layar ini ke Macbook melalui port VGA atau HDMI atau DVI. Tentu saya perlu adaptor Mini DisplayPort untuk menyambungkan Macbook ini ke layar monitor eksternal. Setup-nya seperti foto berikut ini :

Nah istilah Clamshell tadi maksudnya adalah saya bisa menutup layar Macbook (close the lid) saat terhubung ke eksternal monitor. Hmmm mungkin istilah menutup layar kurang tepat, saya masih belum tahu padanan istilah close lid. Mungkin karena Macbook menutup seperti kerang makanya disebut dengan istilah Clamshell. Mode ini mengharuskan saya untuk menggunakan keyboard & mouse external. Mode ini juga mengharuskan saya menghubungkan Macbook dengan kabel power-nya supaya Macbook tidak pindah ke mode Sleep. Memang saya bisa membiarkan Macbook Air dalam kondisi terbuka, tapi ini kurang nyaman karena saya harus bolak-balik memindahkan aplikasi agar muncul di layar eksternal bukan di layar Macbooknya sendiri.

Sejak punya MacMini, saya tidak pernah menggunakan Macbook dengan mode Clamshell lagi. Layar monitor satu-satunya itu hanya dipakai oleh MacMini. Minggu lalu saya coba menghubungkan Macbook lagi dengan eksternal monitor (lengkap dengan tambahan keyboard & mouse). Anehnya Macbook saya selalu pindah ke mode Sleep. Baca-baca di Google sebentar rupanya sejak OSX Yosemite, banyak orang yang gagal menggunakan mode Clamshell. Tapi sayangnya saya belum explore lebih lanjut mengapa sekarang saya tidak bisa lagi menggunakan mode Clamshell pada OSX Yosemite. Ada yang bisa bantu saya tentang hal ini?

Leave a Reply