Finder Batch Rename

Mac OSX menyediakan fasilitas ganti nama berkas secara massal (batch rename), fasilitas ini terintegasi pada aplikasi Finder. Finder sendiri adalah padanan dari Windows Explorernya Microsoft Windows. Misalnya saya punya beberapa berkas yang nama berkasnya tidak lengkap.

Pada contoh ini misalnya saya punya 13 berkas gambar PNG yang tidak memiliki extention name. Karena tidak dilengkapi dengan ekstensi, Finder menganggap semua berkas tersebut sebagai berkas teks biasa bukan gambar berjenis PNG.

Walaupun saya bisa menambahkan ekstensi *.png pada tiap berkas satu persatu, cara ini tidak praktis apalagi bila jumlah berkasnya cukup banyak. Untuk menggunakan batch rename tadi, saya tinggal memilih semua berkas yang ingin saya ganti namanya lalu klik kanan sampe muncul menu seperti gambar berikut ini :

Saya tinggal klik pilihan “Rename 13 items…”. Mac akan memunculkan jendela seperti contoh berikut ini :

Saya tinggal pilih opsi “Add text” lalu memasukkan teks “.png”. Karena saya ingin menambahkan ekstensi di belakang setiap nama berkas, saya harus memilih opsi “after name” juga. Saat saya mengklik tombol Rename, akan muncul jendela peringatan memastikan saya benar-benar ingin menambahkan teks baru ke dalam nama berkas. Saya tinggal klik tombol Add, tiap kali jendela yang sama muncul.

Sayangnya jendela peringatan seperti itu muncul 13 kali sebanyak jumlah berkas yang saya pilih. Setelah selesai semua berkas gambar saya sudah dilengkapi dengan ekstensi PNG seperti terlihat pada contoh berikut ini :

Tidak hanya menambah teks, fitur yang sama dapat juga digunakan untuk mencari dan mengganti pola teks tertentu. Oh ya saya lupa sebutkan kalau OSX yang saya pakai adalah versi Yosemite 10.10.4.

Leave a Reply