Sancta = Santa ??

Dulu waktu saya masih kerja di daerah Pasar Baru Jakarta, saya tiap hari lewat jalan Juanda. Di sana ada gedung sekolah Santa Maria. Dari dulu saya selalu heran mengapa sekolah ini memasang papan nama besar di depan gedungnya dengan tulisan “Sancta Maria”. Saya pikir mereka salah pasang šŸ˜€ atau kelebihan huruf “C”. Seperti ini tampilannya :

Foto di atas saya ambil kira-kira 1 minggu yang lalu. Tadi iseng mencari di Google, ternyata kata “Sancta” itu adalah bahasa Latin. Artinya ya “santa”, alias wanita kudus dalam kepercayaan Katholik. Untung belum sempat protes kenapa “Santa Maria” ditulis “Sancta Maria” šŸ˜€ Eh dulu saya SMA juga di Santa Maria loh…tapi bukan yang di Jalan Juanda Jakarta ini, tapi Santa Maria di Cirebon.

Oh ya, saya jadi ingat kalau sekolah-sekolah dari yayasan Katholik rata-rata menggunakan nama-nama orang kudus. Lihat saja Santa Ursula (di depan Pasar Baru), Santa Maria (di Jakarta, Bandung, Cirebon ada), Van Lith (ada di Yogya), Santo Thomas (kalau tidak salah di Lampung), Santo Aloysius (di Bandung), Santa Angela (di Bandung juga), Kolese de Britto (di Yogya), Santo Kristoforus (di Jakarta), Santo Carolus (di Surabaya), Santo Yosef (di Solo), Santo Albertus (di Malang), Santo Peter (di Jakarta), Santo Loyola (di Semarang)…..banyak kan?

**sebagian data nama sekolah di ambil dari sini**

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.