Gangguan Port USB

20130608-235046.jpg

Beberapa waktu lalu saya mendadak tidak bisa menancapkan perangkat USB ke port USB sebelah kiri Macbook Air saya. Seperti ada yang mengganjal di dalam port USBnya. Setelah dilihat dengan senter saya lihat ada 2 benda kecil berwarna kuning. Sekilas terlihat seperti 2 buah lampu LED. Saya heran dari mana datangnya 2 benda ini. Sempat juga merasa curiga jangan-jangan ada komponen di dalam Macbook yang bergeser. Saya sempat membandingkan port USB di Macbook milik rekan saya, tapi tidak menemukan ada benda seperti itu.

Saya nekat saja menggunakan korek kuping untuk mencoba mengeluarkan 2 benda kecil itu. Awalnya cukup sulit untuk dikeluarkan. Setelah bisa dikeluarkan ternyata 2 benda kuning itu adalah 2 bola kecil. Sampai saat itu saya masih belum terpikir apa sebenarnya benda itu dan bagaimana bisa sampai masuk ke dalam port USB.

Beberapa hari kemudian saya baru tahu benda apa itu. Secara tidak sengaja saya merogoh ke dalam tas yang biasa saya gunakan. Ternyata banyak sekali bola kuning kecil seperti itu. Rupanya bungkusan silica gel sobek dan isinya keluar semua. Dan dua di antaranya nyangkut di port USB. Rupanya usaha awal saya untuk menancapkan USB drive membuat kedua silica gel itu terdorong masuk makin dalam

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.