Sekilas Tentang IMEI

Biasanya nomor seri ponsel dicetak di badan ponsel tepat di belakang batere. Lain halnya dengan iPhone, serial number-nya dicetak di SIM card adapter. Di adapter tersebut juga tercetak nomor IMEI. Apa itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity. IMEI terdiri dari 15 digit angka. IMEI membawa informasi tentang ponsel yang bersangkutan seperti pabrik pembuat ponsel, model ponsel, dsb. Anda bisa cek IMEI ponsel Anda dengan menekan kombinasi *#06# pada tombol panggil.

Teorinya semua ponsel di dunia memiliki IMEI yang unik. Tapi pada kenyataannya banyak produsen ponsel yang kurang terkenal menggunakan nomor IMEI yang sama untuk banyak ponselnya (contohnya ponsel-ponsel murah buatan China). Parahnya ada juga pabrikan yang membajak nomor IMEI dari pabrikan lain. Jadi jangan heran bila ponsel China Anda memiliki nomor IMEI ponsel Nokia. Anda bisa coba cek sendiri keaslian IMEI ponsel Anda di web ini. Dengan bantuan web tadi kita bisa tahu apakah nama produsen dan tipe ponselnya sesuai dengan kenyataan.

Lalu apa gunanya IMEI? Salah satu contoh aplikasinya adalah operator seluler bisa menggunakan IMEI untuk memberikan promosi atau diskon khusus untuk tipe ponsel tertentu. Jadi singkatnya operator bisa mengetahui tipe ponsel yang sedang Anda gunakan lalu memberikan penawaran yang tepat. Tidak ada gunanya kan menawarkan paket internet pada ponsel seperti Nokia 1200 yang tidak punya konektivitas data. Contoh nyata lain, di menu *123# XL menampilkan tawaran paket sesuai dengan tipe ponsel. Misalnya di Blackberry saya menu *123# menampilkan tawaran BB XmartPlan. Bila saya pakai ponsel Androidnya Samsung, maka tawaran yang muncul adalah Samsung XmartPlan.

IMEI ini juga berguna untuk melaporkan kehilangan ponsel. Teorinya kerjasama antar operator bisa mencegah si pencuri untuk menggunakan ponselnya dengan mengidentifikasi IMEInya. Tapi sejauh yang saya tahu fitur ini belum digunakan di Indonesia. Kira-kira begitu sekilas tentang IMEI yang saya ketahui.

2 thoughts on “Sekilas Tentang IMEI

  1. Pingback: MENGEMBALIKAN IMEI SAMSUNG GALAXY Y GT-S5360 YANG HILANG |

Leave a Reply