Kategori Tulisan

Sudah banyak sekali tulisan di blog ini tidak saya bubuhi dengan Tag/Category.  Jadi agak membingungkan kalau saya tiba-tiba butuh mencari tulisan lama saya. Misalnya saja tulisan saya yang membahas soal hotel, ada cukup banyak tulisan review saya soal hotel. Atau misalnya tulisan tentang Linux. Kalau dirunut halaman per halaman bisa ga ketemu-ketemu tulisannya, sudah ada 449 tulisan di blog ini (banyak atau sedikit ya?) Padahal rasa-rasanya saya tidak cukup produktif menulis.

Dulu sebenarnya saya sudah pernah menambahkan beberapa kategori di dalam blog ini. Anda bisa lihat di bagian kanan ada kolom kategori. Tapi sayangnya saya sudah cukup lama pula tidak pernah menggunakan kategori ini. Lupa (atau kurang peduli)…begitu selesai mengetik, edit sana sini, langsung klik Publish. Hmm dulu saya belum merasakan bagaimana pentingnya menambahkan kategori/tag ke dalam tiap tulisan. Baru terasa setelah tulisan saya banyak dan mulai terasa sulit untuk mencari tulisan tertentu. Ah sepertinya saya harus mulai membiasakan diri lagi untuk mencantumkan kategori/tag dalam tiap postingan.

Ah tapi bukankah ada Google.com dengan segala keperkasaannya? Hmm saya sendiri tidak terlalu memusingkan soal kategori karena tiap saat saya kesulitan menemukan tulisan saya sendiri, saya tinggal mencarinya di Google. Tapi bagi seorang pengunjung blog yang tidak tahu ada apa saja isi tedytirta.com, mungkin kategori akan membuatnya nyaman membaca blog saya. Memudahkan pembaca untuk memilih topik/tema tulisan. (narsis mode is ON…emangnya ada yang baca blog u :-p )

Pernah ada kenalan saya bilang “yah kok blognya tentang komputer”. Ya saya ingat waktu dia komplain halaman depan blog saya adalah tentang Serial Console Linux. Mungkin karena dia bukan orang yang berkecimpung di dunia komputer (baca : Unix/Linux)  akan bosan melihat tulisan tentang Serial Console Linux. Ah sayang dia tidak tahu, ada banyak tulisan saya yang bukan tentang komputer……catatan perjalanan saya keliling Indonesia, atau tulisan saya tentang review makan, review hotel-hotel, dsb. Mungkin dengan penggolongan yang jelas, orang jadi lebih mudah memilih topik sesuai minatnya. Tidak suka komputer ya bisa pilih kategori “Travelling” misalnya. Harus berapa banyak kategori yang perlu saya tambahkan ya? Kategori tulisan yang ada sekarang : Bahasa, Internet, Komputer, Kuliner, LaTeX, Sosial, Televisi, Uncategorized, Unix…….nah pertanyaan berikutnya adalah : postingan ini sendiri bagusnya masuk kategori apa ya? Komputer? Internet? atau Bahasa? atau Uncategorized?

Lalu apa sebaiknya saya buka lagi tulisan-tulisan saya terdahulu lalu mengeditnya satu per satu, mengelompokannya  ke dalam kategori-kategori? Halah…kerjaan gak penting. Eh tapi itu bisa jadi ide bagus juga untuk mengisi waktu di libur akhir pekan yang cukup panjang ini ;))

Selamat libur akhir pekan ya …panjang nih sampai Senin liburnya 😀

2 thoughts on “Kategori Tulisan

  1. Bukannya di page u jg ada kolom “search” ? Tuw yg di kanan atas..
    Itu bukannya buat search posting di blog u yah ? masukkin keyword gitu doank kaya di google.

    Pantesan u posting, libur tho mas :p

  2. @ miss zane : iya betul kalau mau search doank emang bisa pake itu. tapi kalau gua misalnya masuk ke blog orang lain (yg belum pernah gua kunjungi)…mana tau mau search apa. tentu kalau gua berkunjung ke blog orang, enak kalau liat2 tulisannya sesuai tag/category……..nangkep ga maksud gua? 🙂

    loh emangnya gua libur doank ya postingnya? :-/

Leave a Reply