Minggu Kerja atau Libur ya?

Ini cerita lain saya tentang kerja di hari libur. Sebenarnya Minggu itu harusnya kerja atau gak sih?

Kemarin saya tidak sempat mengupdate blog ini untuk cerita soal kerja di hari Minggu. Berangkat pagi dari rumah jam 7.30, saya baru pulang lagi ke rumah setengah 11 malam. Nguantuknya…terakumulasi deh kekurangan tidur saya dua hari ini. Minggu pagi kemarin saya berangkat ke Bintaro dengan menumpang mobil kantor. Kali ini saya berangkat ke Bank Niaga. Minggu kemarin cuaca kurang bersahabat…gerimis terus. Pulangnya pun demikian.

libur kerja lagi

Di sana pekerjaan saya adalah memindahkan data dari 2 buah Fujitsu Eternus 4000. Ceritanya Bank Niaga baru saja membeli beberapa buah server Fujitsu Primepower (seri 650 & 250) dan juga membeli storage Eternus 4000. Karena keterlambatan order, Eternus 4000 yang dipesan datang terlambat dari jadwal pemasangan. Mereka terpaksa melakukan implementasi database di Eternus 4000 pinjaman dari kantor saya. Setelah Eternus barunya datang, kami terpaksa harus membantu mereka memindahkan data-datanya.

Eternus pengganti sudah dipasangkan ke dalam rak oleh rekan saya, Manggar. Tugas saya kemarin cuma memindahkan data dari Eternus lama ke Eternus baru. Kedua Eternus sudah dikenali oleh server. Untuk menyalin data dari Eternus lama ke Eternus baru saya menggunakan perintah ufsdump dan ufsrestore. Lihat script yang saya buat untuk mempermudah proses migrasi tadi :

migrasi data

Proses menyalin data yang besarnya kurang lebih 200GB ini butuh waktu kurang lebih 2 jam. Setelah dua Eternus memiliki data yang sama, engineer Bank Niaga memeriksa integritas data dan memeriksa apakah aplikasi mereka bisa berjalan dengan normal. Setelah mereka selesai, pekerjaan saya berikutnya adalah mematikan Eternus lama, memindahkan kabel fiber optic-nya ke Eternus baru. Dengan demikian Eternus baru sekarang terhubung melalui 2 buah kabel fiber. Setelah saya set beberapa parameter di Eternus baru dan di SAN Switchnya, sekarang server mengenali Eternus baru sebagai 2 disk yang berbeda….tinggal diset multipathing-nya.

Kemarin saya sebenarnya banyak bengong karena pekerjaan saya tertunda oleh pekerjaan tim aplikasi/database Bank Niaga. Mereka masih mengerjakan aplikasinya, jadi saya terhambat melakukan migrasi data. Banyak bengong tapi disuguhi makanan sih…jadi banyak maklumnya nih ;)) Datang jam 9, saya baru bisa mulai proses migrasi jam 2 siang. Pekerjaan saya beres hampir jam setengah 10 malam. Kepala saya sudah senut-senut saat itu. Heran ya…duduk saja seharian bisa bikin kepala senut-senut. Diantarkan mobil kantor, saya sampai di rumah sekitar setengah 11…thanks to Pak Djaini yang standby mengantarkan saya pulang.

Leave a Reply