Jerman (part 13) – Tentang Batere

Waktu pertama membeli Nikon Coolpix, saya mendapat batere Energizer Lithium (termasuk dalam paket penjualan Nikon). Betere AA keluaran Energizer itu diklaim bisa digunakan pada Nikon Coolpix L14 sampai 1000 kali foto. Ternyata benar batere itu bisa dipakai sampai lebih dari 1000 kali foto. Saya sudah pakai batere bawaan Nikon itu selama lebih kurang 1 minggu dan baru saya ganti ketika hari Sabtu lalu tiba di Kuala Lumpur.

Sebelum berangkat saya menyempatkan diri membeli sepasang batere AA Energizer Lithium lagi di Hero Mal Citraland. Batere itu baru saya pasangkan Sabtu lalu. Tadi pagi baterenya habis, saya hitung ternyata sudah lebih dari 1000 foto saya ambil dengan Nikon yang dicatu dayanya oleh dua buah benda kecil seperti ini :

batere

Harga memang berbanding lurus dengan kualitas. Sepasang batere AA Energizer Lithium ini harganya di Jakarta sekitar Rp55000,-. Saya puas sekali menggunakan batere jenis ini.

Sebenarnya saya pun sudah membawa batere isi ulang (rechargeable) merek Sanyo Eneloop. Di Jakarta sudah saya full charge kedua batere ini. Entah mengapa tadi pagi batere ini tidak bertahan lama. Batere ini saya gunakan setelah makan pagi dan belum jam 11 batere ini sudah kosong. Padahal saya hanya sedikit memotret. Apa karena kelamaan tidak digunakan ya? Nanti saya update ceritanya setelah beberapa hari. Siang tadi batere Sanyo ini sudah saya recharge lagi, kita lihat akan tahan berapa kali shoot sampai batere ini minta diisi ulang kembali.

4 thoughts on “Jerman (part 13) – Tentang Batere

  1. Ada tiga faktor yang membuat baterai Eneloop anda drop, yaitu: terlalu lama anda diamkan di dudukan charger walau sudah selesai pengisian, terlalu lama tidak digunakan, dan mungkin suhu udara yang dingin. Namun biar bagaimanapun baterai rechargeable Eneloop tidak akan pernah bisa sehebat baterai lithium anda, karena memang berbeda jenisnya. Eneloop bukan lithium baterai tapi Ni-MH.

  2. Hi Ted!
    Baru berkunjung ke blogmu nih, setelah dapet linknya dari facebook. Apa kabar?
    Soal bateremu, kayaknya karena suhu udara yang dingin… Hal yang sama terjadi dengan batere kameraku ketika aku sampe di sini. Kapan-kapan kalau ke Eropa lagi, mampir di Belanda ya! (Kl aku masih di sini :D)

  3. @ desiree : wah komenmu dikira spam Dess..untung tadi sempet liat2 folder spam, jadi terselamatkan komen dari u 🙂 Mudah-mudahan gua ada kesempatan lagi ke Belanda, pasti gua sempatkan mampir 😀

Leave a Reply