Ademnya Saung

Masih terkesan dengan teknik soft focus, malam ini saya balik lagi utak-atik foto dengan teknik itu. Cari-cari dulu foto yang pas untuk dioprek, nemu foto berikut ini :

Foto di atas adalah foto saung (rumah bambu) yang saya ambil di Taman Wisata Mekarsari, bulan Mei lalu. Saungnya dibuat di atas sawah, lengkap dengan kerbau yang sedang berkubang di air. Dulu waktu saya ambil foto tersebut, saya rasa fotonya kok biasa-biasa saja. Nah tadi saya olah foto tersebut dengan GIMP, masih dengan teknik yang itu-itu saja (belum ada ilmu “sotosop” baru lagi :-p ). Hasilnya seperti ini :

Rasa-rasanya kok lebih menarik setelah di-retouch, entah bagaimana dengan pendapat Anda. Yang jelas saya lebih suka foto hasil edit-an ini…terlihat lebih adem. Duh jadi merasa bersalah mau jadi photographer atau photoshoper? Masih bingung sebenarnya foto yang baik itu apakah harus murni hasil jepretan kamera atau boleh berupa hasil editing seperti ini. Masih merasa bersalah, konflik batin….apalagi guru yang ngajari saya motret ga pernah edit-edit fotonya 🙁 Eh tapi saya kan ga pake Photoshop, harusnya bukan “photoshoper” tapi “gimperkali ya :-p

Oh ya lupa cerita, saung itu sebenarnya dipakai sebagai galeri/studio mini oleh pelukis wajah. Pelukis yang duduk di sana menjual jasa lukisan wajah Anda dengan harga Rp50.000,- Waktu yang dibutuhkan oleh si pelukis untuk menggambar wajah Anda ke atas kanvas cuma sekitar 15 menit. Kok tahu? Soalnya ada papan iklannya di depan saung 😀

6 thoughts on “Ademnya Saung

  1. pribadi saya lebih seneng liat hasil editannya lho :), heheh .. itu juga salah satu sebab saya lebih senang jadi photoshoper dibanding photographer hihihi… (ngacir …. soalnya ga mampu beli kamera professional!, pelampiasannya ya photoshoper) Hayo photograper … berani diadu ga sama hasil editannya mas tedy 🙂 (Ngomporin mode ON)

  2. Mas aq iseng2 liat2 gambar saung nya mas tedy, karena kebetulan aq lagi cari bentuk saung yg nyaman itu gimana, trus liat2 ada tutorial tentang oracle hmm kapan2 boleh donk mas dibagi2 langsung ilmu nya, kl IT kl praktek kan lebih seru mas :)…..pengen ngerti oracel hehehe….thanks mas !

Leave a Reply