Hore Speedy Hidup Lagi

Ah setelah sekian lama akhirnya bisa menikmati akses Speedy lagi di rumah (ini penyebabnya).

Tadi malam utak-atik modem pinjaman yang sebenarnya sudah saya pinjam sejak 3 minggu lalu. Modem pertama mirip sekali sistem operasinya dengan modem saya yang tewas. Tapi sayang modem bermerek JKnetworks ini tidak bisa dipakai untuk mengakses layanan Speedy. Status ADSLnya selalu Link Down, walaupun konfigurasi VPI/VCI, username, password Speedy sudah saya masukan dengan benar. Modem kedua merek KASDA ternyata lebih canggih, terlihat dari fitur web interface-nya yang lebih rumit. Saya pun sedikit yakin modem KASDA ini bisa menolong saya, karena saya lihat lampu ADSLnya mau menyala. Modem JKnetworks tadi sama sekali mati lampu ADSLnya. Namun sayangnya modem KASDA ini diprokteksi password yang tidak mudah ditebak. Teman saya yang punya modem ini pun tidak tahu password-nya apa, dulu dia tahu beres karena teknisi Telkom yang mengerjakan konfigurasinya. Sejak awal dipinjam saya sudah berusaha cara bodoh-bodohan untuk mencoba segala alternatif kombinasi username & password. Tapi tetap tidak ada yang tepat. Biasanya modem-modem ini diproteksi dengan default password yang standar; seperti misalnya username adminpassword admin” atau username admin” dengan password password“.

Gambar di atas adalah foto 2 modem yang saya pinjam dari teman saya (dia sudah pakai wireless modem ADSL jadi 2 modem lamanya bisa saya pinjam dulu). Tadi malam saya kembali lagi cara bodoh-bodohan, saya sudah tahu default username modem KASDA ini adalah “admin”…tapi apa password-nya. Dari sekitar jam 11 sampai jam setengah 12 saya coba bermacam-macam password…. nothing match. Coba dulu connect lewat Telkomnet Instan untuk minta bantuan Google. Dengan bantuan Google (itupun setelah mencoba banyak hasil pencarian yang ternyata salah), akhirnya saya dapat informasi yang benar-benar berharga di forum teknologi yang sayangnya berbahasa Thailand. Ah peduli amat, biarpun gak ngerti bahasa Thailand saya coba telusuri saja forum yang sedang membicarakan default password modem KASDA. Dengan cara bodoh-bodohan ini, saya dapat juga password default-nya : “adslroot”. Ah leganya, saya bisa konfigurasi modem KASDA ini.

Ok segera login ke modem, meng-input semua parameter Speedy lalu reboot modemnya. Tunggu punya tunggu tapi status ADSL selalu DOWN. Setelah saya coba beberapa kali baru saya dapat konfigurasi yang benar, tapi log message bilang : Authentication failure :(( Tapi saya cukup lega karena saya tahu berarti secara physical, koneksi Speedy saya sudah normal kembali. Hanya tinggal mencari password Speedy yang tepat. Aneh juga, perasaan saya tidak pernah mengubah password Speedy kok bisa salah ya. Sudah hampir jam 1 pagi, saya give up…saya telepon 147 berniat tanya apa password Speedy saya. Halah, ternyata 147 tidak boleh memberikan password pada siapapun, mereka hanya bisa memberi tahu 3 digit terakhir password saya. Eh ternyata 3 digit itu benar sesuai dengan password yang saya tahu.Wah-wah kok ADSL saya masih belum bisa dipakai walaupun password-nya tepat? Staf 147 cuma bisa menjanjikan akan eskalasi laporan ini ke bagian teknisi. Ya sudah, tinggal tunggu kalau begitu.

Pagi ini ceritanya saya bangun, saya cek lagi status modem Speedy saya. Masih DOWN, saya coba restart modemnya…nothing to loose action.Wow, sekarang status ADSLnya sudah UP. Modem sudah bisa memperoleh IP address dari Telkom. Ah senangnya….gak tahan  untuk gak ngeblog dulu (padahal udah telat ngantor =)) )

Hidup tidak akan hampa lagi kalau akses internet sudah normal seperti ini :))

2 thoughts on “Hore Speedy Hidup Lagi

Leave a Reply